Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model ICARE berbantuan software cabri II plus untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solichah, Nur Lailatus (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model ICARE berbantuan software cabri II plus untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Lailatus Solichah_D04216026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan menemukan penyelesaian dalam suatu masalah matematika sehingga salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik. Pada kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki peserta didik masih tergolong rendah. Untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik, pada penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran matematika model ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) berbantuan software Cabri II plus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan diantaranya yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang disesuaikan dengan model ICARE berbantuan software Cabri II plus untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi Teorema Pythagoras. Pada penelitian ini, uji coba terbatas tidak dilaksanakan dikarenakan adanya pandemi covid-19 dimana SMP Islam Krembung melaksanakan pembelajaran secara online. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara yang digunakan untuk mendapatkan data proses pengembangan perangkat pembelajaran dan teknik validasi ahli yang digunakan untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Dari analisis yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memperoleh kategori “valid” dengan nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 4,27 sedangkan LKPD sebesar 4,52. Perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori “praktis” didapatkan setelah menghitung rata-rata total nilai akhir dengan rata-rata penilaian A artinya perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan tanpa revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solichah, Nur Lailatuslalanurlaila24@gmail.comD0426026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugahost@gmail.com2021088301
Subjects: Matematika
Keywords: Model Pembelajaran ICARE; Cabri II Plus; Pemecahan Masalah Matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Lailatus Solichah
Date Deposited: 25 Jul 2021 09:53
Last Modified: 25 Jul 2021 09:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48875

Actions (login required)

View Item View Item