Studi komparasi penentuan Ujroh Dana Talangan Umroh BFI Finance Syariah dan Amitra di PT Massa Makmor World Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausi, Aulia Salsabila (2021) Studi komparasi penentuan Ujroh Dana Talangan Umroh BFI Finance Syariah dan Amitra di PT Massa Makmor World Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Salsabila Firdausi_C92217124.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang disusun oleh penulis ini masuk dalam kategori penelitian lapangan (field research). Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu melalui observasi secara langsung dan wawancara kepada pihak pihak terkait yaitu PT Massa Makmor World sebagai penyedia jasa travel umroh, BFI Finance Syariah dan Amitra sebagai penyedia dana talangan umroh dan jamaah umroh PT Massa Makmor World Surabaya yang menggunakan dana talangan dari BFI Finance Syariah dan Amitra. Kemudian dianalisa bagaimana mekanisme pembiayaan umroh pada kedua lembaga tersebut dan juga persamaan serta perbedaan ujroh pada dana talangan umroh BFI Finance Syariah dan Amitra. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa mekanisme dana talangan umroh di dua lembaga ini kurang lebih sama, pada pembiayaannya tidak disyaratkan menggunakan jaminan dan tidak ada denda saat keterlambatan pembayaran angsuran bulanan. Akad yang digunakan pada kedua lembaga tersebut masih tidak sesuai antara akad dan penerapannya. Ujroh juga masih berpatokan kepada besar hutang yang dimiliki oleh nasabah sedangkan menurut Fatwa DSN-MUI No.: 29/DSN-MUI/VI/2000 besar imbalan jasa tidak boleh didasarkan pada jumlah talangan yang diberikan LKS kepada nasabah. Adapun saran yang bisa diberikan yaitu dalam segi mekanisme BFI Finance Syariah menambahkan salah satu prosedur yaitu mengirimkan bukti visa dan jadwal keberangkatan agar dana talangan yang diberikan benar-benar digunakan untuk beribadah umroh. Sedangkan dalam segi penentuan ujroh kepada Amitra dan BFI Finance Syariah agar tidak mematok besar ujroh dari banyaknya hutang (dana talangan) yang diberikan kepada jamaah serta memperhatikan lagi kesesuaian akad yang digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausi, Aulia Salsabilabillbill123billbill@gmail.comC92217124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.com2021027302
Subjects: Hukum Ekonomi
Muamalat Muamalah
Keywords: Dana Talangan Umroh; Talangan umroh BFI Finance Syariah; Amitra di PT Massa Makmor World Surabaya; Dana Haji; Haji.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aulia Salsabila Firdausi
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:00
Last Modified: 26 Jul 2021 03:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48878

Actions (login required)

View Item View Item