Hate speech Ustaz Soni Eranata (Maaher At-Thuwailibi) di media sosial Twitter: analisis semiotika Ferdinand De Saussure

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sudarman, Mei Ariani (2021) Hate speech Ustaz Soni Eranata (Maaher At-Thuwailibi) di media sosial Twitter: analisis semiotika Ferdinand De Saussure. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mei Ariani Sudarman_E01217015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang ujaran kebencian atau hate speech yang dilakukan oleh ustaz Maaher dalam ceramahnya yang beredar di media sosial Twitter. Ujaran kebencian yang ia lakukan dalam beberapa video ini bermula atas bermacam perseteruannya dengan pengguna media sosial lain. Kasus ini kemudian dilaporkan kepada pihak kepolisian karena dianggap mengandung unsur kebencian didalamnya. Ustaz Maaher pun ditetapkan menjadi tersangka berdasarkan laporan polisi nomor LP/B/0677/XI/2020. Titik permasalahan pertama dalam penelitian ini adalah bagaimana ujaran kebencian ustaz Maaher di media sosial twitter. Lalu permasalahan yang kedua adalah bagaimana ujaran kebencian tersebut jika di pandang dari perspektif Ferdinand De Saussure. Untuk menjawab permasalahan ini, penulis menggunakan jenis penelitian library research yang bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah ujaran yang disampaikan ustaz Maaher bersifat menghasut agar pengguna media sosial ikut membenci apa yang dibenci oleh ustaz Maaher. Kemudian dalam perspektif Saussure, bahwa video yang berisikan ujaran kebencian ustaz Maaher merupakan tanda, kemudian ujaran yang dilontarkan olehnya merupakan penanda, dan makna yang ditimbulkan dari aspek ujaran ini adalah petanda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sudarman, Mei Arianimeisudarman9922@gmail.comE01217015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat Wakhidnhwahiduddin@gmail.com2026118001
Subjects: Dakwah
Dakwah > Semiotika
Filsafat
Keywords: Ferdinand De Saussure; Ujaran Kebencian; Ustaz Maaher At-Thuwailibi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Mei Ariani Sudarman
Date Deposited: 25 Jul 2021 11:27
Last Modified: 25 Jul 2021 11:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48880

Actions (login required)

View Item View Item