Konversi bercadar pada santri di Pondok Pesantren Thoriqul Ulum Lamongan perspektif teori konflik Ralf Dahrendorf

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tafiah, Zety (2021) Konversi bercadar pada santri di Pondok Pesantren Thoriqul Ulum Lamongan perspektif teori konflik Ralf Dahrendorf. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zety Tafiah_E01217026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren Thoriqul Ulum Lamongan merupakan salah satu pondok pesantren yang berada di Kota Lamongan. Penelitian ini mengkaji mengenai konflik konversi bercadar pada santri yang terjadi di Pondok Pesantren Thoriqul Ulum Lamongan sebagaimana santri yang telah diwajibkan untuk memakai cadar. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Terdapat beberapa factor penyebab atas konflik konversi bercadar tersebut dan juga memberikan dampak sosial dan internal di dalam Pondok Pesantren. Dari dampak tersebut membuat keputusan dalam mengembalikan santri tidak diwajibkan untuk memakai cadar lagi sampai sekarang ini. Jika dikaitkan dengan teori konflik Ralf Dahrendorf, konflik ini sesuai dengan pemikiranya yang mana mengenai dengan kekuasaan dan wewenang. Dalam kekuasaan ini berhubungan dengan posisi, posisi subordinasi (posisi bawah) yang telah dialami oleh para santri yang mana harus tunduk pada proses perubahan terhadap sebuah peraturan yang telah diberikan kepada superordinasi (posisi atas) yakni peraturan yang telah ditetapkan oleh mereka yang berkuasa. Oleh sebab itu konflik konversi bercadar pada santri di Pondok Pesantren tersebut telah menimbulkan beberapa implikasi, diantaranya: 1) menjadi perbincangan di tengah masyarakat, 2) menjadi sorotan oleh pemerintah, 3) memicu terjadinya defisit pada santri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tafiah, Zetyzetytafiah@gmail.comE01217026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Budaya - Agama
Keywords: Konversi; Cadar; Pondok Pesantren; dan Ralf Dahrendorf.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Zety Tafiah
Date Deposited: 26 Jul 2021 12:39
Last Modified: 26 Jul 2021 12:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48886

Actions (login required)

View Item View Item