Penerapan metode pemberian tugas berbantuan aplikasi kahoot pada materi lingkaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VI MIN 2 Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astari, Novita Fuji (2021) Penerapan metode pemberian tugas berbantuan aplikasi kahoot pada materi lingkaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VI MIN 2 Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novita Fuji Astari_D97217065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena melihat kondisi peserta didik yang kurang berantusias dalam mengikuti pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan tekhnologi serta kreativitas dan inovasi guru dalam memilih metode pembelajaran dalam menyajikan penugasan pada peserta didik, sehingga para peserta didik merasa jenuh mengikuti serangkaian pembelajaran dengan metode pemberian tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu: 1) untuk mengetahui penerapan metode pemberian tugas berbantuan aplikasi Kahoot pada peserta didik kelas VI MIN 2 Sumenep pada materi lingkaran. 2) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah pemberian tugas dengan berbantuan aplikasi Kahoot pada materi lingkaran di MIN 2 Sumenep. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode pemberian tugas dengan berbantuan aplikasi kahoot, yang dilakukan dalam dua siklus dengan serangkaian empat tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini yaitu peserta didik kelas VI MIN 2 Sumenep. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran pada pemberian tugas berbantuan aplikasi Kahoot berlangsung dengan sangat baik. Skor aktivitas guru pada siklus I 82,6 (baik) naik pada siklus II 92,4 (sangat baik). Pada aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 68,75 (cukup) menjadi 87,5 (sangat baik) pada siklus ke II . 2) Peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan metode pemberian tugas berbantuan aplikasi Kahoot juga baik. Hal ini diketahui dari hasil skor persentase angket respon positif yang terlihat dari peserta didik yang termotivasi untuk belajar yaitu 75% (baik) kemudian meningkat menjadi 82,1% (sangat baik) peserta didik yang berlomba-lomba semangat belajar untuk mendapatkan nilai yang terbaik. Peningkatkan motivasi belajar peserta didik juga dapat dilihat dari jumlah peserta didik yang tuntas belajar pada siklus I adalah 43,48% menjadi 100% peserta didik yang tuntas belajar pada siklus ke II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astari, Novita Fujimnuril745@gmail.comD7217065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Thesis advisorMusthofa, M.Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Pemberian Tugas Berbantuan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: novita fujia
Date Deposited: 26 Jul 2021 05:53
Last Modified: 26 Jul 2021 05:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48904

Actions (login required)

View Item View Item