Doktrin terorisme dalam pemikiran Salafi-Jihadis: perspektif kritik ideologi Horkheimer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudatul, Ummah (2021) Doktrin terorisme dalam pemikiran Salafi-Jihadis: perspektif kritik ideologi Horkheimer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahmudatul Ummah _E91217086.pdf

Download (1MB)

Abstract

Membahas Tentang Terorisme yang menjadikan ancaman serius terhadap kedaulatan setiap negara karena telah membahayakan terhadap keamanan, perdamaian dunia serta merugikan kesejahteraan masyarakat. Seperti halnya gerakan-gerakan yang ada di Agama Islam seperti contohnya kelompok Negara Islam, Jemaah Islamiyah, Majlis Mujahidin Indonesia, Jemaah Ansharut Tauhid, Salafi-Jihadis, serta masih banyak yang lainnya. Adapun motif atau latar belakang munculnya Salafi-Jihadis di pelopori oleh Muhammad bin Abdul Wahhab pada tahun 1703-1794 M dan dikenal dengan sebutan gerakan Wahhabi. Adapaun faktor yang mempengaruhi menuculnya kelompok Salafi-Jihadis yakni bentuk pembaruan keagamaan yang radikal, dengan mempunyai tujuan mengubah peninggalan keilmuan Islam Tradisional dengan mengantikannya sebagai Islam yang lebih modern. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kulaitatif dengan mengambil sumber data dengan cara kepustakaan atau library research. Dimana penelitian ini berfokus dengan mengumpulkan macam-macam data melalui kepustakaan, berupa jurnal, buku, skripsi, serta sumber-sumber lain yang berkaitan dengan tema dan objek yang sama. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kritik Ideologi Horkheimer. dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa doktrin terorisme dalam pemikiran Salafi-Jihadis memiliki lima ciri khas yakni tauhid, wala’ wa baro’, hakimiyah, jihad, dan takfir. Tujuan dari kelompok Salafi-Jihadis adalah untuk menegakkan kembali sistem pemerintahan dengan cara sistem kekhilafahan. Dengan menggunakan Kritik Ideologi dalam lensa pemikiran Horkheimer adalah upaya untuk membongkar kepentingan-kepentingan yang terselubung di mana kepentingan ini untuk kepentingan kelompok Salafi-Jihadis sehingga mesti disingkap dan dengan penyingkapan ini masyarakat lebih terbuka lagi dengan ideologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudatul, Ummahmahmudatulummah12@gmail.comE91217086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifullah, Yazidkenzie102013@gmail.com197910202015031001
Subjects: Jihad
Keywords: Doktrin; Terorisme; Salafi-Jihadis; Ideologi; Horkheimer.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Mahmudatul Ummah
Date Deposited: 01 Aug 2021 02:10
Last Modified: 01 Aug 2021 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48913

Actions (login required)

View Item View Item