Kesadaran terhadap nikmat waktu luang: studi ma’anil hadith riwayat Imam al-Nasai Nomor Indeks 11800 perspektif psikologi kepribadian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitri, Ayu Laila (2021) Kesadaran terhadap nikmat waktu luang: studi ma’anil hadith riwayat Imam al-Nasai Nomor Indeks 11800 perspektif psikologi kepribadian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Laila Fitri_E05217001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Waktu merupakan bagian dari kehidupan seluruh makhluk hidup sejak dahulu hingga sekarang. Waktu adalah salah satu anugerah tertinggi yang diberikan oleh Allah kepada manusia. Sudah sepatutnya manusia memanfaatkan waktunya dengan seoptimal mungkin untuk menjalankan tugas-tugasnya sebagai makhluk Allah di muka bumi. Selain itu, waktu yang dimiliki oleh manusia saat luang dapat dioptimalkan untuk kehidupan di akhirat. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak manusia sekarang ini yang tidak memanfaatkan waktunya dengan baik, terlebih waktu luang yang dimiliki. Hal ini tentu sangat berbanding terbalik dengan generasi terdahulu. Dengan demikian penulis berusaha untuk menggali hadis waktu luang dari segi psikologi kepribadian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat kualitatif dan jenis penelitian kepustakaan (library research) mengenai hadis nikmat waktu luang yang fokus pada penelusuran, pemahaman hadis Nabi Muhammad saw, dan analisis managemen waktu Islami. Fokus penelitian ini tentang bagaimana kualitas, kehujjahan, dan pemaknaan hadis nikmat waktu luang, serta analisis psikologi kepribadian dalam kitab hadis al-Sunan al-Kubra li al-Imam al-Nasai Nomor Indeks 11800. Sehingga data yang dikumpulkan menggunakan metode takhri>j, i’tiba>r, kritik sanad dan matan serta teori psikologi kepribadian Sigmund Freud dan Carl Gustav Jung. Penelitian ini mendapat simpulan akhir bahwa hadis nikmat waktu luang termasuk hadis maqbul (diterima), dapat dijadikan hujjah sebab hadisnya berkualitas shahih, tidak ada shadh dan illat, matannya tidak bertentangan dengan Alquran dan hadis-hadis lainnya. Pemahaman hadis nikmat waktu luang tidak benar-benar dapat menipu banyak manusia apabila manusia tersebut dapat mengelola dan memanfaatkan waktu luangnya dengan baik, sebagaimana yang dilakukan Rasulullah dalam mengelola waktu selama masa hidupnya. Selain itu, dengan melihat analisis psikologi kepribadian seseorang yang dapat memanfaatkan waktunya secara optimal tidak akan mengalami penyesalan di kemudian hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitri, Ayu Lailaalflailafitri@gmail.comE05217001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmar, Atho’illahdakatir@live.com197909142009011005
Subjects: Psikologi
Hadis
Keywords: Kehujjahan; Psikologi Kepribadian; Waktu Luang.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Ayu Fitri
Date Deposited: 26 Jul 2021 12:46
Last Modified: 26 Jul 2021 12:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48914

Actions (login required)

View Item View Item