Eksperimen Ilmiah dengan media hewan: studi terhadap penafsiran surat al-Jatsiyah ayat 13 dan al-Nahl ayat 5

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anjia, Lia (2021) Eksperimen Ilmiah dengan media hewan: studi terhadap penafsiran surat al-Jatsiyah ayat 13 dan al-Nahl ayat 5. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lia Anjia_E93217069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini penulis akan meneliti bagaimana pendapat para mufasir mengenai penafsiran surat al-Jatsiyah ayat 13 dan an-Nahl ayat 5, khususnya pada penafsiran yang membahas mengenai eksperimen ilmiah terhadap hewan. Eksperimen terhadap hewan sendiri sudah jauh ada bahkan sebelum Islam ada. Akan tetapi banyak dari para ulama yang tidak membahas mengenai masalah ini lebih dalam. Bahkan mufasir yang dikenal dengan tafsirnya yang bercorak ilmi tidak menafsirkan hal ini. oleh karenanya dalam penelitian ini penulis akan memaparkan bagaimana penafsiran mufasir mengenai surat al-Jatsiyah ayat 13 serta an-Nahl ayat 5 baik itu yang berkaitan dengan eksperimen ilmiah terhadap hewan ataupun tidak. Di sini juga akan dijelaskan bagaimana batasan yang harus dilakukan para peneliti khususnya muslim ketika melakukan eksperimen terhadap hewan yang dilandaskan pada al-Quran dan Hadis. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan bagaimana eksperimen terhadap hewan menurut pandangan para mufasir. Dan bagaimana batasan yang harus dilakukan seorang muslim terhadap hewan khususnya ketika melakukan penelitian ilmiah terhadapnya. Untuk memperoleh tujuan tersebut di sini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif serta metode penelitian tafsir tematik. Menggunakan data primer yang bersumber dari Alquran serta beberapa kitab tafsir kontemporer yang cukup dikenal seperti Tafsir Ilmi Kementrian Agama, Tafsir al-Jawa>hir fi> al-Tafsi>r al-Quran serta lain sebagainya. Adapun daftar sekunder yang digunakan adalah beberapa buku, jurnal, serta artikel yang berkaitan dengan penelitian ini. untuk mendapatkan data-data tersebut digunakan metode Library Research yaitu dengan memanfaatkan data kepustakaan yang dibutuhkan untuk mendapatkan data yang diperlukan. Dalam hal ini dapat ditemukan sebuah kesimpulan meskipun beberapa mufasir sama-sama menggunakan metode penelitian tafsir yang sama dan dengan corak yang sama pun dapat ditemukan perbedaan penafsiran. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh berbagai faktor, dan penulis berpendapat adanya faktor terbesar adalah perbedaan riwayat keilmuan yang menyebabkan adanya perbedaan penafsiran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anjia, Liaanjialia.99@gmail.comE93217069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, Muhammad--2010105601
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Eksperimen; Hewan; Alquran.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Lia anjia Ikhwan
Date Deposited: 26 Jul 2021 13:10
Last Modified: 26 Jul 2021 13:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48918

Actions (login required)

View Item View Item