Relevansi Logoterapi Viktor E. Frankl dan Tazkiyatun Nafs al-Ghazali terhadap Anxiety Disorder

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Diny Nur (2021) Relevansi Logoterapi Viktor E. Frankl dan Tazkiyatun Nafs al-Ghazali terhadap Anxiety Disorder. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diny Nur Hidayah_E07217010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang logoterapi dan tazkiyatun nafs sebagai terapi untuk penderita kecemasan tingkat berat. Di zaman seperti sekarang, hampir semua orang pernah mengalami cemas. Mulai dari cemas tingkat ringan hingga berat. Penyebabnya pun beragam, cemas merupakan salah satu energi negatif bila dirasakan secara berlebihan. Sedangkan memahami logoterapi dan tazkiyatun nafs merupakan hal positif. Selama ini seseorang menangani kecemasannya secara beragam, mulai dari pergi jalan-jalan hingga melakukan hal yang disukai. Namun kali ini peneliti menggunakan metode logoterapi dan tazkiyatun nafs dengan pendekatan bimbingan rohani dan konseling logoterapi sebagai salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Rumusan masalah yang diangkat 1) Bagaimana konsep logoterapi Viktor E. Frankl dan tazkiyatun nafs al-Ghazali ? 2) bagaimana pelaksanaan logoterapi dan tazkiyatun nafs sebagai metode untuk mengatasi kecemasan ? 3) Bagaimana relevansi logoterapi dan tazkiyatun nafs terhadap anxiety disorders ? Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana konseling logoterapi dan bimbingan rohani menjadi terapi kecemasan terhadap anxiety disorders. Dalam melaksanakan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dari keseluruhan penelitian ini meliputi dua sumber yakni primer dan sekunder. Sumber primer seluruhnya berasal dari penderita anxiety. Kemudian sumber sekundernya adalah karya-karya yang berhubungan dengan penelitian ini. lamanya penelitian ini selama dua minggu untuk lima orang. Konseling logoterapi dilakukan sebagai tahapan awal, lalu dilanjut dengan memberikan bimbingan rohani yang diajarkan oleh Imam al-Ghazali. Dari data inilah kemudian dianalisis lalu dijadikan dalam bentuk deskripsi. Hasil dari penelitian ini ternyata metode logoterapi dan tazkiyatun nafs dapat menjadi terapi bagi anxiety disorders jika diamalkan dengan sungguh-sungguh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Diny Nurdiny.nurhidayah@gmail.comE07217010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Keywords: Logooterapi; Tazkiyatun Nafs; dan Anxiety Disorder.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Diny Nur Hidayah
Date Deposited: 01 Aug 2021 00:58
Last Modified: 01 Aug 2021 00:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48922

Actions (login required)

View Item View Item