Terapi shalat khusyu' dalam menurunkan kecemasan perspektif Psikotrapi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatwa, Dian Zuhrotul (2021) Terapi shalat khusyu' dalam menurunkan kecemasan perspektif Psikotrapi Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Zuhrotul Fatwa_E07217009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang terapi shalat khusyu’ terhadap kecemasan. Di zaman modern saat ini ketidak mampuan seseorang dalam menyeimbangkan aktivitas, berpikir dengan kecemasan spiritual membuat banyak orang mengalami gangguan kesehatan mental, slah satunya yakni kecemasan. Shalat dalam Psikoterapi Islam memiliki banyak hikmah yang baik bagi kesehatan fisik dan psikis manusia. permasalahan utama dalam skripsi ini, yaitu pertama bagaimana makna shalat perspektif Psikoterapi Islam. Kedua bagaimana pengaruh shalat khusyu’ terhadap kecemasan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian studi lapangan (feild research) dengan jenis penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, teknik yang dilakukan pada penelinitian ini berupa obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber primer seluruhnya berasal dari subjek penelitian yang mengalami kecemasan. Sedangkan sumber sekunder berasal dari beberapa karya yang masih relevan dengan penelitian ini. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa shalat memiliki aspek terapiutik dalam Psikoterapi Islam. Shalat juga memiliki hikmah yang besar dalam kesehatan fisik dan psikis manusia. Selain itu hasil penelitian ini menunjukan pengaruh shalat yang dikerjakan dengan tingkat kefokusan, kekhusyu’an serta semangat yang tinggi mampu mengurangi kecemasan serta mengembalikan kondisi tubuh dan psikis dari pengaruh kecemasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatwa, Dian Zuhrotulfatwadian8@gmail.comE07217009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Psikologi > Kecemasan
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Salat
Keywords: Shalat; Psikoterapi Islam; Kecemasan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Dian Zuhrotul Fatwa
Date Deposited: 25 Jul 2021 11:13
Last Modified: 25 Jul 2021 11:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48923

Actions (login required)

View Item View Item