Eksistensi kualitas dan kehujjahan hadis dalam perspektif tokoh orientalis Nabia Abbott

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzaqqi, Ahmad Khuzaini (2021) Eksistensi kualitas dan kehujjahan hadis dalam perspektif tokoh orientalis Nabia Abbott. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Khuzaini Muzaqqi_E95217019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sikap skeptis tokoh orientalis terhadap hadis-hadis Nabi sehingga secara keseluruhan lebih banyak yang mencela hadis daripada mengakui eksistensi sebuah hadis, dengan meragukan hadis Nabi baik dari transmisi periwayatan hingga hal-hal yang berkaitan dengan kualitas hadis maka akan berpengaruh terhadap keautentikan hadis itu sendiri karena secara keseluruhan ketika transmisi periwayatan sudah dianggap buatan orang-orang setelah zaman Nabi maka generasi sesudahnya sudah menganggap bahwa keberadaan nilai dari kualitas hadis sendiri tidak ada dan tidak bisa dijadikan sebuah pedoman bagi umat muslim lagi. Penelitian ini dilakukan mengacu kepada rumusan masalah yang pertama, Bagaimana pemikiran Nabia Abbott tentang kualitas dan kehujjahan hadis. Kedua, Bagaimana teori-teori yang dibuat Nabia Abbott. Dan Ketiga, Bagaimana dukungan dan penolakan terhadap pemikiran Nabia Abbott. Adapun tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana eksistensi kualitas dan kehujjahan hadis dan mengetahui tanggapan sarjana muslim dan non muslim antara menolak hingga mendukung pemikiran Nabia Abbott. Jenis penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah Library Research (penelitian kepustakaan). Oleh karena itu, sumber-sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari bahan literatur berbahasa Inggris maupun Indonesia yang mempunyai keterkaitan terhadap pokok pembahasan pada penelitian. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan bukti penjelasan mengenai eksistensi kualitas dan kehujjahan hadis yang dilakukan oleh kritikus hadis untuk menentukan bahwa hadis-hadis yang diriwayatkan dari zaman Nabi hingga generasi setelahnya masih terjaga keautentikannya. Perbedaan pandangan para sarjana muslim dan non muslim menimbulkan banyak tanggapan baik dari mereka yang mendukung hingga menolak pemikiran dari Nabia Abbott, karena secara keseluiruhan kesimpulan-kesimpulan yang dihasilkan dalam penelitian yang dilakukan Nabia Abbott sangatlah berbeda dengan tokoh orientalis lain. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah penjelasan Nabia Abbott mengenai eksistensi kualitas dan kehujjahan hadis tidak jauh berbeda dengan pendapat-pendapat ulama hadis, karena penjelasan prinsip-prinsip ini diambil sesuai dengan apa yang dilakukan oleh para kritikus hadis pada zaman itu sehingga Nabia Abbott tidak sepenuhnya membuat-buat argumen seperti para orientalis lain untuk membuat keraguan terhadap hadis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzaqqi, Ahmad Khuzainiahmadmuzaqqi11@gmail.comE95217019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Hadis
Keywords: Eksistensi; Hadis; Nabia Abbott.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Ahmad Khuzaini Muzaqqi
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:33
Last Modified: 27 Jul 2021 04:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48926

Actions (login required)

View Item View Item