Etos kerja dalam Al-Qur'an: studi kitab tafsir Fi Zilal Al-Qur’an karya Sayyid Qutb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Rima Fatimatuz (2021) Etos kerja dalam Al-Qur'an: studi kitab tafsir Fi Zilal Al-Qur’an karya Sayyid Qutb. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rima Fatimatuz Zahroh_E93217089.pdf

Download (3MB)

Abstract

Al-Qur’an memerintahkan manusia, terutama umat muslim agar lebih giat untuk bekerja keras dan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat meraih kesuksesan dan kebahagiaan serta berhasil dalam menempuh kehidupan dunia dan akhirat. Setiap orang harus mempunyai etos kerja yang baik. Dengan adanya etos kerja yang baik diharapkan mendapat hasil yang maksimal dan sesuai harapan. Dalam hal ini, diperlukan pemahaman dari penafsiran Sayyid Qut{b di dalam kitab Tafsir Fi Z{ilalil al-Qur’an, karena dalam menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an harus sangat berhati-hati dalam mengimbangi pemikiran logika dan dalil. Oleh karena itu, perlu mengetahui makna etos kerja dan ayat-ayat Al-Qur’an yang menguraikannya, dan relevansi ayat-ayat tentang etos kerja dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep etos kerja dengan menggunakan penafsiran Sayyid Quthb dalam kitab Tafsir Fi Z{ilalil al-Qur’an, dan menganalisis relevansi etos kerja dalam kehidupan masyarakat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif yaitu mendiskripsikan suatu objek yang hasilnya nanti akan berupa tulisan. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif dan analitis untuk menjelaskan etos kerja dalam Al-Qur’an. Dengan menggunakan metode pendekatan tersebut maka pengumpulan data diperoleh dengan meneliti kitab Tafsir Fi Z{ilalil al-Qur’an karya Sayyid Qut{b dan dibantu dengan beberapa literatur lainnya, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode tematik untuk memahami isi dari penafsiranayat-ayat tentang etos kerja dan menguraikannya, serta menghubungkannya dengan penerapan etos kerja dalam masyarakat. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwasannya ayat-ayat etos kerja dalam Al-Qur’an sangat banyak, maka penulis menjadikannya spesifik dalam pembahsan etos kerja menurut Tafsir Fi Z{ilalil al-Qur’an karya Sayyid Qut{b diantaranya: kewajiban bekerja (Qs. al-Insyirah [94] Ayat 7, Qs. al-Mulk [67] Ayat 15, Qs. an-Nahl [16] Ayat 97, Qs. at-Tubah [9] Ayat 105), kerja keras (Qs. ar-Ra’d [13] Ayat 11, Qs. al-Insyqaq [6] Ayat 84, Qs. al-Jumu’ah [62] Ayat 10, Qs. az-Zumar [39] Ayat 39), pergantian waktu (Qs. al-Qashash [28] Ayat 73, Qs. al-Furqon [25] Ayat 47, Qs. an-Naba’ [78] Ayat 10-11. Sedangkan relevansi ayat-ayat etos kerja dalam kehidupan masyarakat, itu perlu dipaparkan uraian agar dapat teralisasikan dengan baik. Berikut urian relevansi etos kerja dalam kehidupan masyarakat: Etos kerja dalam hal agama, Etos kerja dalam hal budaya, Etos kerja dalam hal pendidikan, Etos Kerja wirausaha, Etos Kerja dalam hal kinerja karyawan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Rima Fatimatuzrimafatimatuzz@gmail.comE93217089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwanto, Purwanto--2017047802
Subjects: Etos Kerja
Keywords: Etos kerja; Penafsiran; Tafsir Fi Zilalil Al-Qur’an.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rima Fatimatuz Zahroh
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:04
Last Modified: 12 Aug 2021 23:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48936

Actions (login required)

View Item View Item