Konsep syukur dalam Alquran: studi komparatif surah al-Baqarah ayat 152 dan Ibrahim ayat 5, 7 perspektif Abdurrauf As-Singkili dan Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khairun, Khairun (2021) Konsep syukur dalam Alquran: studi komparatif surah al-Baqarah ayat 152 dan Ibrahim ayat 5, 7 perspektif Abdurrauf As-Singkili dan Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khairun_E93217067.pdf

Download (1MB)

Abstract

Alquran Allah turunkan di bumi ini untuk menjadi pedoman hidup manusia yang sesuai dengan syari’at yang dibawa oleh Rasulullah Saw. Diantaranya adalah mensyukuri segala nikmat Allah. Pada zaman modern ini, begitu banya orang yang berilmu, berpangkat dan kaya raya akan tetapi masih banya juga yang belum bersyukur atas nikmat yang diperoleh dari Allah. Dalam Alquran terdapat dalil-dalil yang berhubungan dengan syukur, diantaranya pada surah al-Baqarah ayat 152, surah Ibrahim ayat 5 dan 7. Namun dalam memahami ayat tersebut, para mufassir berbeda pendapat, apakah syukur hanya dilisan dan perbuatan ataukah harus menjadi orng islam terlebih dahulu. Tujuan dari penelitian ini untuk memberi pemahaman dan menambah wawasan secara mendalam mengenai penafsiran ayat di atas perspektif Abdurrauf As-Singkili dan Muhammad Hasby Ash-Shiddieqy. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau library research,sumber perimernya menunakan tafsir Tarjuman al-Mustafid dan tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur. Modelnya dalam penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif ialah suatu metode penelitian yang berdasarkan pada inkuiri, perspektif dan interpretatif. Sedangkan teorinya mengunakan ulumul quran. berdasarkn tiga ayat di atas dapat diambil sebuah kesimpulan, bahwa kedua tokoh tersebut memiliki perbedaan walaupun tidak terlalu signifikan dalam memaknai syukur dalam Alquran. Kesamaan penafsiran kedua tokoh tersebut ialah bahwa konsep syukur setidaknya harus terdapat ketaatan kepada Allah Swt. Namun perbedaannya sangat terlihat dimana Abdurrauf as-Singkili berpendapat salah satu konsep syukur adalah dengan bertauhid sedangakan Hasbi ash-Shiddieqy melalui hati dan ucapan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khairun, Khairunkhairunassingkili@gmail.comE93217067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, Muhammad--2010105601
Subjects: Al Qur'an > Asbabun Nuzul
Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Syukur; Alquran; Tafsir Tarjuman al-Mustafid; Tafsir An-Nur.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Khairun Khairun
Date Deposited: 27 Jul 2021 01:05
Last Modified: 27 Jul 2021 01:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48941

Actions (login required)

View Item View Item