Mainstreaming moderasi beragama di ruang digital: telaah atas Portal Keislaman Islami.co perspektif rasional komunikatif Jurgen Habermas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisok, Siti Roisadul (2021) Mainstreaming moderasi beragama di ruang digital: telaah atas Portal Keislaman Islami.co perspektif rasional komunikatif Jurgen Habermas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Roisadul Nisok_E91217111.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan media kontemporer yang ditandai dengan adanya digitalisasi pada seluruh aspek kehidupan telah memberikan implikasi tersendiri pada pemikiran masyarakat. Utamanya pada bidang keagamaan, yakni terjadinya pergeseran otoritas, dari keagamaan tradisional ke keagamaan populer. Ironisnya, ruang digital saat ini dipenuhi dengan berbagai tipologi keagamaan yaitu: liberal, konservatif, moderat, Islamis, hingga radikal atau ekstremis. Pada tatanan yang mengkhawatirkan, pandangan keagamaan konservatif lah yang mendominasi ruang digital saat ini. Bertolak dari fenomena tersebut, penelitian skripsi ini mengkaji bagaimana strategi mainstreaming moderasi beragama yang dilakukan oleh kelompok-kelompok moderat, lebih spesifiknya pada portal keislaman islami.co. Sebagai portal keislaman non-afiliasi dengan tagline “Media Islam Ramah Yang Mencerahkan”, peneliti akan menelaah terkait sebuah tulisan, konsep, hingga perspektif apakah artikel yang dipublikasikan pada laman islami.co masuk pada kategori moderat. Berbekal teori rasionalitas komunikatif Jürgen Habermas, artikel dalam portal keislaman islami.co akan dianalisis berdasarkan validity claims, yang meliputi klaim kebenaran, klaim ketepatan, klaim kejujuran, dan ketika tiga klaim tersebut terpenuhi, maka artikel maupun tulisan dapat mencapai klaim komprehensibilitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pandang keagamaan konservatif yang mendominasi di ruang digital terbentuk melalui pergeseran otoritas keagamaan. Maka, dengan adanya program mainstreaming moderasi beragama di ruang digital, melalui narasi-narasi bernuansa moderat, diharapkan mampu untuk mengimbangi nyaringnya gaung konservatisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisok, Siti Roisadulroisaduln@gmail.comE91217111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Agama
Filsafat > Filsafat Islam
Komunikasi Islam
Keywords: Moderasi Beragama; Ruang Digital; Islami.co; Rasionalitas Komunikatif.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Siti Roisadul Nisok M
Date Deposited: 26 Jul 2021 21:37
Last Modified: 26 Jul 2021 21:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48945

Actions (login required)

View Item View Item