Kerukunan antar umat beragama: studi interaksi sosial lintas agama pada bentuk perkumpulan doa lotus di surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhajir, Mufidatul Fitriyah (2021) Kerukunan antar umat beragama: studi interaksi sosial lintas agama pada bentuk perkumpulan doa lotus di surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufidatul Fitriyah Muhajir_E02215016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini, penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang Perkumpulan Doa lotus dalam meningkatkan toleransi antar umat beragama serta faktor-faktor yang mempengaruhi eksistensi suatu forum kerukunan umat beragama dalam meningkatkan nilai toleransi antar umat beragama. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian kualitatif ini peneliti menggunakan sumber data yaitu sumber data sekunder dan primer, dengan lokasi penelitian yang berada di Jalan Pandegiling Surabaya. Penelitian mempunyai tujuan tertentu dalam suatu pembahasan yang terkait. Pertama, untuk mengetahui kerukunan yang terjadi di Perkumpulan Doa Lotus dan yang kedua adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung adanya sikap kerukunan antar umat beragama dan faktor-faktor yang menjadi penghambat terjadinya kerukunan antar umat beragama di Perkumpulan Doa Lotus Surabaya. Didalam penelitian ini menjelaskan bahwasahnya kerukunan , keguyuban, serta keharmonisan dapat terbentuk dengan adanya interaksi baik antar sesama agama maupun berbeda agama. Terdapat beberapa bentuk yang menjadi dasar dari terjadinya interaksi yaitu bentuk interaksi sosial assosiatif dan disosiatif. Syarat-syarat terjadi interaksi sosial adalah kontak sosial dan komunikasi antar satu sama lain. Kerukunan adalah merupakan suatu kesatuan yang terdiri dalam beberapa perbedaan dan dari suatu perbedaan tersebut menjadi kekuatan untuk saling menguatkan satu sama lain. Dalam studi kasus mengenai kerukunan dalam setiap ajaran agama memiliki suatu pedoman yang sama mengenai kerukunan yang sudah termaktub dalam kitab suci masing-masing agama sehingga tidak adanya suiatu alasan bagi mereka untuk melakukan pertikaian, diskriminasi, serta konflik dengan sesama umat maupun berbeda umat beragama. Perbedaan tercipta sejatinya memiliki tujuan serta maksud tertentu agar manusia satu dengan yang lainnya saling mengenal dan bekerjasama dalam menebar kebaikan. Faktor yang menjadi pendukung dalam Perkumpulan Doa lotus yaitu budaya, malam jumat legi yang menjadi identitas budaya jawa seperti halnya malam satu suro. Malam jumat legi menjadi unsur dalam faktpor pendukung akan terciptanya kerukunan dalam Perkumpulan Doa Lotus yaitu dengan adanya suatu tasyukuran lintas agama dengan dihadiri oleh masing-masing pemuka agama yang dimana didalamnya akan muncul sikap toleransi serta sikap saling memahami dan menghormati satu sama lain dalam beragama. Faktor-faktor terhambat yang terjadi dalam suatu kehidupan sosial maupun komunitas tidak akan terjadi apabila adanya suatu sikap ego dari masing-masing agama dan kurangnya pemahaman dalam ajaran agama yang dianut, keduanya menjadi unsur yang signifikan dalam faktor penghambat karena satu sama lain saling membenarkan agama yang dianutnya sehingga kerukunan antar umat beragama tidak menjadi suatu tujuannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhajir, Mufidatul Fitriyahmufitriyahmy@gmail.comE02215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Kerukunan Beragama
Keywords: Interaksi Sosial; Kerukunan; Perkumpulan Doa Lotus.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Mufidatul Fitriyah Muhajir
Date Deposited: 29 Jul 2021 04:52
Last Modified: 29 Jul 2021 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48947

Actions (login required)

View Item View Item