Kebebasan manusia pada Hadis Riwayat Imam Al-Hakim dalam Kitab Al-Mustadrak No. 8002; sebuah pendekatan Sosiologis Ali Syariati

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prastyo, Sandi Yulian (2021) Kebebasan manusia pada Hadis Riwayat Imam Al-Hakim dalam Kitab Al-Mustadrak No. 8002; sebuah pendekatan Sosiologis Ali Syariati. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sandi Yulian Prastyo_E95217083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, masalah yang diteliti berangkat dari fakta riil yang telah terjadi akhir-akhir ini dengan banyaknya aktivitas atau kegiatan yang mengatasnamakan kebebasan. Sehingga tidak sedikit dampak dari aktivitas atau kegiatan tersebut yang menimbulkan kekacauan. Dari fakta riil tersebut, penulis berupaya mengkaji salah satu hadis Nabi yang redaksi matannya berbicara tentang kebebasan manusia, yakni “Malaikat Jibril As datang kepada Nabi Muhammad SAW dan berkata; Ya Muhammad, hiduplah sekehendakmu karena kamu (pasti) akan mati. Cintailah seseorang sekehendakmu karena kamu (pasti) akan berpisah dengannya, dan beramallah sekehendakmu karena kamu (pasti) akan diberi balasan oleh Allah.”. Kemudian, dirumuskan masalah penelitian, yakni apa yang dimaksud dengan kebebasan manusia, bagaimana status kehujjahan hadis tentang kebebasan manusia yang diriwayatkan oleh Ima>m H{akim No. 8002 tersebut, dan apa kandungan dari hadis riwayat Imam Hakim tersebut menurut perspektif sosiologi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali substansi kebebasan pada hadis tersebut, status kehujjahan hadis tersebut, dan kandungan hadis tentang kebebasan manusia tersebut menurut perspektif sosiologi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hadis. Dalam upaya meneliti keabsahan sanad hadis yang bersangkutan, akan digunakan metode kritik sanad, yang merujuk pada salah satu cabang ilmu hadis yaitu Ilmu Jarh{ wa Ta’dil. Selanjutnya, terkait pemahaman redaksi matan hadis, penulis menggunakan acuan yang digagas oleh Yusuf al-Qardhawi. Dan yang terakhir adalah metode deskriptif, yang digunakan untuk menafsirkan konsep kebebasan manusia pada hadis yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menjelaskan, bahwa konsep kebebasan manusia, menurut perspektif sosiologi, menekankan adanya aturan yang harus dipatuhi dan beban tanggung jawab yang dipikulkan kepada manusia. Bukan semata-mata bebas melakukan apa pun, tanpa memedulikan kewajiban sebagai makhluk sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prastyo, Sandi Yuliansandiprastyo123@gmail.comE95217083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaida2rahma@gmail.com2123017602
Subjects: Agama
Sosiologi > Sosiologi Islam
Hadis
Keywords: Kebebasan; Manusia; Pendekatan Sosiologis.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Sandi Prastyo
Date Deposited: 29 Jul 2021 06:37
Last Modified: 29 Jul 2021 06:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48962

Actions (login required)

View Item View Item