Pandangan forum kiai muda Madura terhadap makna Karikatur Nabi Muhammad perspektif Ferdinand De Saussure

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukit, Abdul (2021) Pandangan forum kiai muda Madura terhadap makna Karikatur Nabi Muhammad perspektif Ferdinand De Saussure. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Mukit_E91217059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji terkait karikatur Nabi Muhammad di Prancis, yang menggunakan pandangan Forum Kiai Muda Madura yang berada di Bangkalan, dengan menggunakan teori Ferdinand de Saussure. Skripsi ini akan menjawab rumusan masalah, yaitu: pertama Pandangan Forum Kiai Muda Madura terhadap makna karikatur Nabi Muhamad di Prancis?Kedua Makna Karikatur Nabi Muhammad di Prancis perspektif Ferdinand de Saussure?penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang di peroleh dari wawancara, observasi dan literatur kepustakaan yang relevan dengan judul skripsi ini, dan data tersebut disajikan secara deskriptif. Skripsi ini mendapatkan data bahwa: dalam menganalisis pandangan FKM terhadap karikatur tersebut, yang menggunakan teori signifiant dan signifie Ferdinand de Saussure, yang kemundian peneliti temukan delapan jawaban dari tiga nara sumber FKM di daerah Bangkalan. Dari berbagai pandangan FKM terhadap karikatur tersebut, meraka memandang bahwa karikatur tersebut adalah bentuk penghinaan bagi Nabi Muhammad. Dan makna karikatur dalam perspektif Ferdinand de Saussure, ditemukan tiga indikator bahwa memang kariktur tersebut diterbitkan bertujuan untuk umat muslim yang berada di Prancis, yang kemudian berimbas kepada umat Muslim dunia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukit, AbdulAbdmukit117@gmail.comE91217059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id2013086001
Subjects: Budaya Organisasi
Ulama
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Karikatur; FKM; Ferdinand de Saussure.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Abdul Mukit
Date Deposited: 28 Jul 2021 00:29
Last Modified: 28 Jul 2021 00:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48963

Actions (login required)

View Item View Item