Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung pada anak usia dini studi kasus di Bimbingan Belajar AS-SHOCHICHI Manyar Sidorukun Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chumairok, Nur (2021) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung pada anak usia dini studi kasus di Bimbingan Belajar AS-SHOCHICHI Manyar Sidorukun Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Chumairok_D98216076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses kegiatan belajar mengajar di bimbingan belajar, setiap pendidik/guru selalu mengharapkan agar murid didiknya dapat mencapai hasil belajar yang maksimal dan memuaskan. Pada kenyataannya banyak murid yang menunjukkan gejala yang tidak dapat dicapai dari hasil belajar yang diharapkan. Di Bimbingan Belajar AS-SHOCHICHI Manyar hampir 50% murid mengalami kesulitan belajar dalam membaca, menulis, dan berhitung pada anak usia dini. Untuk itu guru perlu melakukan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar dalam membaca, menulis, dan berhitung pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui kesulitan belajar calistung pada anak usia dini di bimbingan belajar AS-SHOCHICHI Manyar; 2) untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar calistung pada anak usia dini di bimbingan belajar AS-SHOCHICHI Manyar; dan 3) untuk mengetahui upaya guru mengatasi kesulitan belajar calistung pada anak usia dini di bimbingan belajar AS-SHOCHICHI Manyar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: upaya yang akan dilakukan oleh guru pada anak usia dini untuk mengatasi kesulitan belajar calistung yang sudah dialami oleh murid dan faktor-faktor pendukung serta faktor-faktor pengambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung. Data yang diambil dengan observasi dalam proses kegiatan belajar mengajar, wawancara dengan kepala bimbingan belajar dan guru kelas, dan dokumentasi pada arsip data yang dibutuhkan. Upaya yang dilakukan oleh guru kelas untuk mengatasi kesulitan belajar calistung yang sudah dialami oleh murid merupakan dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menciptakan suasana kegiatan belajar yang kreatif dan kondusif, dan pemberian reward. Faktor-faktor pendukung guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung adalah dari ketelatenan kepala bimbingan belajar, dan guru yang memberikan dukungan terhadap upaya yang dilakukan guru, dan buku-buku kegiatan atau alat pelajar edukatif (APE), sedangkan faktor-faktor penghambat guru adalah dari pengalaman murid di bimbingan belajar, pengalaman murid di rumah dan perhatian orang tua, dan pengaruh lingkungan sekitar. Dengan upaya yang telah dilakukan murid yang pada awal masuk belum bisa membaca, menulis, dan berhitung saat ini sudah bisa membaca, menulis, dan berhitung meskipun dengan latihan secara terus menerus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chumairok, Nurnurcumairoh6@gmail.comD98216076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Guru
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Guru; Kesulitan Belajar Calistung; Anak Usia Dini.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nur Chumairok
Date Deposited: 29 Jul 2021 00:08
Last Modified: 29 Jul 2021 00:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48976

Actions (login required)

View Item View Item