Analisis hukum islam terhadap perkawinan dengan mahar Rp 500,- oleh calon suami atas permintaan calon istri: studi kasus pernikahan siri di Desa Jatiwaringin, Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rini, Dwi Sulistiyo (2021) Analisis hukum islam terhadap perkawinan dengan mahar Rp 500,- oleh calon suami atas permintaan calon istri: studi kasus pernikahan siri di Desa Jatiwaringin, Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Sulistiyo Rini_C91217103.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data penelitian ini dihimpun dengan menggunakan teknik wawancara dan juga dokumentasi, yang selanjutnya menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif yaitu dengan menggambarkan serta menjelaskan data secara sistematis sehingga memperoleh pemahaman secara menyeluruh dan mendalam terkait pembayaran mahar uang koin kuno Rp 500,- dalam pernikahan siri di desa Jatiwaringin, kecamatan Pondok Gede kota Bekasi. Kemudian penulis menggunakan pola pikir deduktif yaitu pola pikir yang berasal dari pengetahuan yang bersifat umum yang digunakan untuk menilai suatu kejadian yang bersifat khusus yakni, terkait pembayaran mahar uang koin kuno Rp 500,- dalam pernikahan siri berdasarkan analisis hukum Islam.Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa, pembayaran mahar uang koin kuno sebesar Rp 500,- dalam pernikahan siri, dilatar belakangi oleh beberapa kondisi seperti adanya dampak dari kebijakan selama pandemi sehingga membuat mempelai laki-laki menganggur selama tiga bulan. Selain itu juga pembayaran mahar sebesar Rp 500,- sudah sesuai dengan ketentuan mahar yang ada dalam hukum Islam, sebagaimana pendapat Imam Syafi’i serta Imam Hambali akan tetapi, bertentangan dengan ketentuan menurut Imam Maliki dan juga Imam Hanafi. Imam Maliki membatasi kadar minimal mahar sebesar tiga dirham sedangkan Imam Hanafi membatasi kadar minimal mahar sebesar sepuluh dirham. Hasil penelitian di atas disarankan kepada para calon pengantin, ataupun masyarakat pada umumnya, untuk mencari wawasan yang lebih mendalam terkait perkawinan khususnya dalam hal mahar, agar nantinya dapat menetapkan mahar yang sewajarnya dengan kondisi zaman yang sudah modern ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rini, Dwi Sulistiyodsulistiyo14@gmail.comC91217103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasruhan, Masruhan--2004045901
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Keywords: Hukum islam; Perkawinan; Mahar.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Dwi Sulistiyo Rini
Date Deposited: 04 Aug 2021 14:29
Last Modified: 04 Aug 2021 14:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48977

Actions (login required)

View Item View Item