Implementasi Risk Management dan Customer Relationship Management pada Pembiayaan Tabarok: studi kasus di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basyirah, Luthfiana (2021) Implementasi Risk Management dan Customer Relationship Management pada Pembiayaan Tabarok: studi kasus di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luthfiana Basyirah_F02419125.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Implementasi Risk Management dan Customer Relationship Management pada Pembiayaan Tabarok (Studi Kasus di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan)”, bertujuan untuk: pertama, menganalisis risk management pembiayaan Tabarok di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Kedua, menganalisis customer relationship management pembiayaan Tabarok di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Ketiga, menganalisis efektivitas implementasi risk management dan customer relationship management pembiayaan Tabarok di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh melalui data primer dan data sekunder, dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Beberapa orang yang dijadikan informan adalah pimpinan, staff atau karyawan, dan nasabah pembiayaan Tabarok di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Kemudian data tersebut di analisis melalui tahapan reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: pertama, implementasi risk management pada pembiayaan Tabarok di BPRS Sarana Prima Mandiri menggunakan 5 (lima) proses manajemen risiko, yaitu identifikasi risiko, pengukuran risiko, monitoring risiko, pengendalian risiko, dan penyelamatan risiko. Kedua, implementasi customer relationship management sudah cukup baik dengan melaksanakan empat fungsi manajemen yaitu POAC (planning, organizing, actuating dan controlling), serta melaksanakan 3 (tiga) tahapan keberhasilan dalam CRM, yaitu people, process, dan technology. Analisis dalam penelitian ini menyatakan bahwa implementasi risk management dan customer relationship management pembiayaan Tabarok dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan profitabilitas serta loyalitas nasabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, karena mampu melakukan mitigasi terjadinya pembiayaan bermasalah yang terjadi pada pembiayaan Tabarok sehingga dapat menekan rasio NPF menjadi 2% dari Triwulan IV Desember 2019 hingga Triwulan IV Desember 2020, dan dapat meningkatkan profitabilitas dari 2% di Triwulan IV Desember 2019 menjadi 2,2% di Triwulan IV Desember 2020, selain itu juga dapat dilihat dari peningkatan jumlah nasabah, pada Triwulan II Juni 2019 sebanyak 3.532 nasabah dan Triwulan IV Desember 2020 sebanyak 9.001 nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basyirah, Luthfianaluthfianabasyirah31@gmail.comF02419125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga@yahoo.com2015066502
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatiluthfianabasyirah76@gmail.com2026027101
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Risk Management; Customer Relationship Management; Pembiayaan Tabarok.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: LUTHFIANA BASYIRAH
Date Deposited: 01 Aug 2021 01:43
Last Modified: 01 Aug 2021 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48984

Actions (login required)

View Item View Item