Konsep ta'dib Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan relevansinya dengan pendidikan karakter anak SD/MI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Putri Maulida (2021) Konsep ta'dib Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan relevansinya dengan pendidikan karakter anak SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Maulida Anggraeni_D97217070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang konsep ta’dib Syed Muhammad Naquib Al-Attas yang direlevansikan dengan pendidikan karakter di SD/MI di Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi semakin turunnya moral dan adab peserta didik sekolah dasar. Ta’dib merupakan istilah pendidikan dalam Islam yang sangat berhubungan dengan adab. Sedangkan pendidikan karakter sendiri merupakan istilah yang dipakai di Indonesia mulai dari jenjang sekolah dasar hingga universitas. Sehingga penelitian bermaksud untuk menjawab permasalahan yaitu : (1) Bagaimana konsep ta’dib menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas?, (2) Bagaimana konsep pendidikan karakter di SD/MI di Indonesia?, (3) Bagaimana relevansi konsep ta’dib menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dengan pendidikan karakter di SD/MI? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dibahas menggunakan metode library research atau studi kepustakaan dengan sumber primer dan sumber sekunder berupa buku-buku, jurnal, skripsi yang mendukung. Penelitian ini tidak menggunakan perhitungan statistika karena sumber data yang digunakan data tetap dalam bentuk tulisan. Data yang ada dianalisis menggunakan metode analisis isi, penyajian data menggunakan induktif dan deduktif. Instrumen penelitian menggunakan dokumentasi. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penanaman adab ke peserta didik merupakan hal utama yaitu meliputi ilmu pengetahuan serta pemahamannya disertai dengan tingkah laku atau aksi nyata dari ilmu pengetahuan yang diperoleh, (2) pendidikan karakter yang perlu ditanamkan anak di SD/MI di Indonesia meliputi aspek ketauhidan, mengajarkan dan membiasakan anak membaca Al-Qur’an, menghormati dan menyayangi kedua orang tua, pengajaran etika umum (menjaga kebersihan anggota tubuh, adab bergaul, berada dalam majelis, adab makan dan minum, adab tidur), (3) konsep ta’dib Naquib Al-Attas yang relevan dengan pendidikan karakter anak SD.MI di Indonesia yaitu tujuan, nilai-nilai, komponen pembentuk dan aspek-aspek masing-masing memiliki persamaan atau hubungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, Putri Maulidaputriimauld@gmail.comD97217070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlir--2022076802
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Ta’dib Naquib Al-Attas; Pendidikan Karakter Anak SD/MI; Relevansi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Maulida Anggraeni
Date Deposited: 29 Jul 2021 05:06
Last Modified: 29 Jul 2021 05:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48985

Actions (login required)

View Item View Item