Peran Kiai Imam Fauzi dalam mengembangkan Pondok Pesantren Darul Ulum Rejomulyo Barat Magetan tahun 1953-1985 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Diyah (2021) Peran Kiai Imam Fauzi dalam mengembangkan Pondok Pesantren Darul Ulum Rejomulyo Barat Magetan tahun 1953-1985 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diyah Kurniawati_A02214003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah berupa heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Untuk memperoleh hasil yang baik pada skripsi ini, penulis melakukan penelusuran dokumen, arsip, literatur yang diterbitkan Pondok Pesantren Darul Ulum Rejomulyo, serta mewawancarai keluarga, pengurus, santri, guru dan saksi hidup yang pernah menyertai Kiai Imam Fauzi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kepemimpinan Max Weber. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu: (1) Kiai Imam Fauzi lahir tahun 1924 di Takeran, Magetan. Beliau adalah putera dari pasangan Kiai Imam Abu Syukur dan Siti Melik. Beliau wafat pada 24 Maret 1985. (2) Pondok Pesantren Darul Ulum terletak di Desa Rejomulyo Kecamatan Barat Kabupaten Magetan, berdiri sejak tahun 1953. Pondok Pesantren Darul Ulum memiliki beberapa lembaga pendidikan formal dan nonformal. Salah satu misinya adalah menegakkan ajaran ahlussunah wal jamaah dan melanjutkan Tarekat Syattariyah. (3) Kiai Imam Fauzi sangat berperan besar dalam perkembangan lembaga. Beliau membangun pesantren dengan menyiapkan sumber daya manusia terlebih dahulu baru melengkapi sarana prasarana dan menguatkan jaringan pesantren. Kiai Imam Fauzi juga melestarikan ajaran Tarekat Syattariyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Diyahalidiyah2@gmail.comA02214003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochimah, Rochimahzachmad06@gmail.com2004116902
Subjects: Adab
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Kiai Imam Fauzi; Pondok pesan tren; Kepemimpinan Kiai.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Diyah Kurniawati
Date Deposited: 28 Jul 2021 11:54
Last Modified: 28 Jul 2021 11:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48989

Actions (login required)

View Item View Item