Tinjauan hukum pidana islam terhadap sanksi tindak pidana Pencabulan Anak di Kota Kudus: studi putusan pengadilan Negeri Kudus Nomor : 144/Pid.Sus/2019/Pn Kds

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Ferra Ratna (2021) Tinjauan hukum pidana islam terhadap sanksi tindak pidana Pencabulan Anak di Kota Kudus: studi putusan pengadilan Negeri Kudus Nomor : 144/Pid.Sus/2019/Pn Kds. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ferra Ratna Sari_C93217041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian secara kualitatif. Data yang digunakan berasal dari putusan pengadilan negeri Pengadilan Negeri Kudus sebagai data primer dan data sekunder yang berupa peraturan perundang-undangan, pendapat ahli hukum, serta beberapa karya tulis yang berkaitan dengan tindak pidana pencabulan. Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif analisis yang menggunakan pola fikir deduktif untuk memperoleh analisis khusus dalam hukum pidana Islam.Penelitian ini menjelaskan bahwa pertimbangan hakim Pengadilan Negeri Kudus dalam memutus sanksi bagi pelaku pencabulan yang dilakukan seorang laki-laki dewasa dengan anak yang tidak dikenalnya dalam sebuah kendaraan umum, dengan kekerasan, hakim menjatuhkan hukuman berupa penjara selama 2 (dua) tahun. Menurut hukum positif, hukuman yang dijatuhkan terhadap terdakwa di bawah batas minimal yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berdasarkan analisis hukum pidana Islam terhadap hukuman pelaku tindak pidana pencabulan telah sesuai dengan ketentuan hukuman tâ’zir, dimana hukuman tâ’zir diserahkan kepada ijtihad keputusan ulil amri yang dikuasakan kepada hakim dalam perkara tersebut. Berdasarkan pemaparan diatas, maka penulis menyarankan kepada hakim agar dalam mengambil keputusan lebih memperhatikan asas legalitas kepastian hukum, kemanfaatan, dan juga keadilan, Dengan tujuan untuk memberikan efek jera bagi pelaku, dan sebagai pembelajaran bagi masyarakat. agar tidak terulang kembali kejahatan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Ferra RatnaRatnasari.ferra@gmail.comC93217041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaidy, Abdul Basithbasithjunaidy71@gmail.com2021107101
Subjects: Anak
Hukum > Hukum Pidana Islam
Hukum Islam > Pidana Positif
Keywords: Pencabulan; Pencabulan anak; Anak.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ferra Ratna Sari
Date Deposited: 28 Jul 2021 12:09
Last Modified: 28 Jul 2021 12:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48995

Actions (login required)

View Item View Item