Perancangan gedung pusat wushu di Jawa Timur dengan pendekatan nilai-nilai filosofis taijiquan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Erliana, Widya (2021) Perancangan gedung pusat wushu di Jawa Timur dengan pendekatan nilai-nilai filosofis taijiquan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widya Erliana_H73217067.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wushu adalah salah satu cabang beladiri asal china yang telah mendapat perhatian istimewa dari masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu ilmu bela diri yang turut berkembang di Indonesia, banyak masyarakat yang tertarik dengan ilmu bela diri Wushu, sehingga diperlukan wadah yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Jawa Timur merupakan salah satu Propinsi di Indonesia dengan jumlah peminat Wushu terbanyak dengan lebih dari 1000 atlet dan lebih dari 50 sasana yang tersebar di Jawa Timur. Dengan jumlah peminat dan prestasi terbanyak berada di Surabaya. Namun kurangnya fasilitas yang mewadahi kegiatan wushu baik pelatihan maupun pertandingan dan media promosi membuat wushu kurang dikenal oleh masyarakat umum. Perancangan gedung pusat wushu di Jawa Timur dimana di dalamnya menaungi fungsi pelatihan, kejuaraan, organisasi dan galeri yang di rencanakan berlokasi di Surabaya. Salah satu jurus wushu yang paling dikenal masyarakat adalah Taijiquan. Taijiquan merupakan jurus atau ilmu yang paling sempurna dari yang lain dan memiliki makna filosofis yang sangat mendalam. Salah satu nilai filosofis yang paling berpengaruh dalam konsep Taijiquan adalah teori Yin Yang.Dalam perancangan gedung pusat wushu di surabaya Nilai-nilai filosofis yang terkandung dalam Taijiquan digunakan sebagai faktor penentu citra bentuk bangunan, suasana dalam ruang dan keindahan bangunan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Erliana, Widyawidyaerliana@gmail.comH73217067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorPrianto, Kusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id, priantokusnul@gmail.com2002047903
Subjects: Arsitektur
Olah Raga
Keywords: Gedung pusat; Wushu; Taijiquan; Yin Yang.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Widya Erliana Liana
Date Deposited: 06 Aug 2021 00:15
Last Modified: 06 Aug 2021 00:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49001

Actions (login required)

View Item View Item