Pusat Ilmu Pertanian Indonesia (Agriculture Science Center) dengan Pendekatan Eco-Tech di Kawasan Agropolitan Kabupaten Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Abdullah Indra (2021) Pusat Ilmu Pertanian Indonesia (Agriculture Science Center) dengan Pendekatan Eco-Tech di Kawasan Agropolitan Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdullah Indra Pratama_H73217047.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia dikenal sebagai negara agraris, karena sebagian besar dari penduduknya bermata pencaharian di bidang pertanian. Sebutan ini pada umumnya sudah dikenal kebanyakan masyarakat di Indonesia. Namun kenyataannya, pertanian bukan lagi menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Langkah dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum bersama Kementerian Pertanian dalam pemerataan pembangunan dan penyeimbangan desa-kota mengusung ide adanya Kawasan Agropolitan (Kota Pertanian). Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu dari kawasan agropolitan tersebut, yang memiliki potensi wisata yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi favorit di Jawa Timur. Dalam pengendalian masalah ini, Kementerian Pertanian lalu berfokus pada 4 hal dalam mewujudkan pertanian yang maju, mandiri serta modern. Perancangan Pusat Ilmu Pertanian Indonesia ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan yang mendukung kebijakan dari Kementerian Pertanian agar terwujudnya pertanian yang maju, mandiri serta modern yang berlokasi di Banyuwangi. Kabupaten Banyuwangi sebagai salah satu dari kawasan agropolitan, yang memiliki potensi pertanian dan wisata. Sebuah perancangan pusat ilmu pertanian yang bergerak dibidang teknologi perlu mengedepankan sisi teknologi baru. Dalam penerapan tema rancangan Eco-Tech Architecture yang diartikan sebagai arsitektur dengan teknologi yang berusaha mempertahankan keseimbangan lingkungan, dipilih karena sangat cocok dengan fokus Kementerian Pertanian dalam memajukan pertanian di Indonesia, sehingga dapat mengatasi permasalahan ketahanan pangan negeri ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Abdullah Indraabdullahindrapratama@gmail.comH73217047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorPrianto, Kusnulpriantokusnul@gmail.com2002047903
Subjects: Arsitektur
Pertanian
Ekologi
Keywords: Pusat Ilmu Pertanian; Eco-Tech Architecture; Agropolitan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Abdullah Indra Pratama
Date Deposited: 01 Aug 2021 00:40
Last Modified: 01 Aug 2021 00:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49003

Actions (login required)

View Item View Item