Narasi Emmanuel Macron sebagai Stimulus Islamofobia di Prancis Analisis Dekonstruksi Derrida

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaki, Moh. (2021) Narasi Emmanuel Macron sebagai Stimulus Islamofobia di Prancis Analisis Dekonstruksi Derrida. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Zaki_E91217041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti narasi Emmanuel Macron tentang Islam dalam perspektif Dekonstruksi Jacques Derrida. Dalam pidatonya pada Jum‟at 2 Oktober 2020, Emmanuel Macron hendak membela nilai-nilai Laicite Republik Prancis dari “separatisme Islam”. Emmanuel Macron menyebut “separatisme Islam” mengancam nilai-nilai Laicite, ia mengatakan “separatisme Islam” adalah gerakan religius yang sadar, berteori dan terwujud melalui penyimpangan terhadap nilainilai Laicite. Macron hendak memperkuat nilai-nilai Laicite dengan meluncurkan kebijakan yang terfokus pada lima pilar untuk membatasi pergerakan “separatism Islam” yang hendak membangun nilai-nilai lain. Kantor Majalah Charlie Hebdo pada tanggal 7 Januari 2015 diserang oleh sekelompok terorisme yang mengatasnamakan Islam. Narasi Emmanuel Macron dilatarbelakangi pembelaan terhadap kebebasan berekspresi yang dilakukan majalah Charlie Hebdo yang mengeluarkan karikatur berbentuk satire terhadap sosok Nabi Muhammad Saw. Artikel ini berusaha mengungkap keretakan teks, kesesatan logika, makna tersembunyi yang tidak disadari atau sengaja disembunyikan oleh Emmanuel Macron dan menggagalkan klaim kebenaran absolut dan tunggual dalam narasinya, melalui analisis pembacaan Dekonstruksi Derrida. Artikel ini menemukan ketidakfokusan Emmanuel Macron dalam memerangi terorisme dan radikalisme di negaranya, ia dengan kebijakan dan pernyataannya terhadap agama Islam, mendorong kemungkian besar terjadinya diskriminasi dan tindakan Islamofobia terhadap minoritas Muslim Prancis. Kebijakan yang diambil juga bertentangan dengan nilai-nilai Laicite mengenai kebebasan berekspresi, kebebasan beragama atau hati nurani, kebebasan rasa dan kebebasan yang sama terhadap orang lain. Oleh sebab itu, narasinya secara otomatis terdekonstruksi oleh kebijakannya sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaki, Moh.Muhammadzakiahmad1@gmail.comE91217041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat Wakhidnhwahiduddin@gmail.com2026118001
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Hukum > Filsafat
Hukum Islam > Filsafat
Keywords: Narasi; Separatisme Islam; Islamofobia; Laicite; Dekonstruksi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Moh. Zaki
Date Deposited: 13 Aug 2021 12:10
Last Modified: 13 Aug 2021 12:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49008

Actions (login required)

View Item View Item