Pesan dakwah KI MANTEB SOEDHARSONO dalam video cerita pewayangan Dewa RUCI DAN BIMA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Mochamad (2020) Pesan dakwah KI MANTEB SOEDHARSONO dalam video cerita pewayangan Dewa RUCI DAN BIMA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Anwar_B01216027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mempermalasahkan dua pertanyaan yaitu pertama bagaimanakah pesan dakwah Ki Manteb Soedharsono dalam video cerita pewayangan Dewa Ruci dan Bima. Kedua, bagaimanakah makna bahasa pesan dakwah Ki Manteb Soedharsono dalam video cerita pewayangan Dewa Ruci dan Bima Untuk menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data berupa kalimat dan kata dalam cerita pewayangan dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, dan transkripsi setelah dilakukan pengamatan terhadap isi cerita dalam video pewayangan ini. Penelitian ini menyimpulkan pertama: pesan dakwah Ki Manteb Soedharsono dalam vidio cerita pewayangan Dewa Ruci dan Bima berisi tentang pesanaqidah,dan akhlak. Kedua: makna pesan Dakwah Ki Manteb Sudharsono dalam video cerita pewayangan Dewa Ruci dan Bima dapat dipahami dari pengertian kata, nilai rasa, nada dan maksud sehingga bahasa pesan dakwahnya memiliki makna mengajak penonton selalu sabar dalam menerima cobaan, tawadhu kepada guru maupun orang tua, pantang menyerah, memiliki rasa kepedulian kepada sesama dan menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang disekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, MochamadMochamadanwar40@gmail.comB01216027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi Dalam Islam
Komunikasi
Keywords: Pesan dakwah; Makna Bahasa; Pewayangan; Dewa ruci; Bima.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mochamad Anwar
Date Deposited: 01 Aug 2021 04:12
Last Modified: 01 Aug 2021 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49012

Actions (login required)

View Item View Item