Konsep Nasionalisme dalam Berbangsa dan Bernegara Prespektif K.H Abdurrahman Wahid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Albab, Ananda Ulul (2021) Konsep Nasionalisme dalam Berbangsa dan Bernegara Prespektif K.H Abdurrahman Wahid. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ananda Ulul Albab_E02216002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konsep Nasionalisme secara umum, paham mencintai tanah air, tanah kelahiran demi mempertahankan perjuangan tanah air Indonesia. Salah satunya misalnya : kebangsaan identitas yang merupakan paling utama dan sangat penting yang di miliki oleh masyarakat Bangsa dan Negara Indonesia. Karena di Negara Indonesia identitas di buktikan dengan simbol Bangsa Indonesia yang berupa Bendera Sangsaka Merah Putih, sedangkan Garuda Pancasila dalam Konsep Nasionalisme sebagai identitas simbol yang di terapkan dan di laksanakan oleh masyarakat bangsa dan Negar Indonesia. Selanjutnya dalam latar belakang penelitian yang berkonsep dalam judul Konsep Nasionalisme Dalam Berbangsa dan Bernegara prespektif KH. Abuddurrahman Wahid dengan tujuan untuk pembahasan konsep Nasionalisme yang di ambil dari segi pemikiran-pemikiran beliau dengan karya yang berupa buku, jurnal, artikel yang merupakan berhubungan dengan Nasionalisme. Sehingga dalam rumusan masalah yang di teliti antara lain: 1) Bagaimana konsep Nasionalisme dalam Berbangsa dan Bernegara?, 2) Bagaimana konsep Nasionalisme dalam Berbangsa dan Bernegara menurut pandangannya KH. Abdurrahman Wahid. Kemudia metode yang di gunakan dalam penelitian Kualitatif, yaitu dengan menggunakan metode library research (Penelitihan pustaka) sebagai data utama yang fokus di pembahasan konsep Nasionalisme dalam berbangsa dan bernegara, pemikiran yang membentuk dan mendukung dalam teori Nasionalisme. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep Nasionalisme dari sekian pembahasan bahwa mencintai Tanah Air, perjuangan untuk membangun dan memperjuangkan Bangsa dan Negara yang berupa idententitas dan simbol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Albab, Ananda Ululaanandaulul@gmail.comE02216002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Negara
Nasionalisme
Keywords: Nasionalisme; KH. Abdurrahman Wahid; Indonesia.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Ananda Ulul Albab
Date Deposited: 01 Aug 2021 00:55
Last Modified: 01 Aug 2021 00:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49016

Actions (login required)

View Item View Item