Implementasi Metode Amtsilati dalam peningkatan kemampuan membaca kitab kuning di kalangan non-santri: studi kasus di Madrasah Diniyah At-Taubah Rogojampi - Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andhika, Obbie Villy (2021) Implementasi Metode Amtsilati dalam peningkatan kemampuan membaca kitab kuning di kalangan non-santri: studi kasus di Madrasah Diniyah At-Taubah Rogojampi - Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Obbie Villy Andhika_D01217026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Metode Amtsilati dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Kalangan Non-Santri Studi Kasus di Madrasah Diniyah At-Taubah Rogojampi-Banyuwangi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ntuk mengetahui implementasi metode Amtsilati dalam peningkatan kemampuan membaca kitab kuning di kalangan non-santri Madrasah Diniyah At-Taubah Sritanjung Rogojampi. Dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Amtsilati dalam peningkatan kemampuan membaca kitab kuning di Madrasah Diniyah At-Taubah Sritanjung Rogojampi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan tiga metode dalam pengumpulan data, yakni observasi, wawancara dan dokumentasi serta untuk menjawab rumusan masalah yang ada, peneliti menggunakan analisis data, reduksi data, penyajian dan analisis data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: Dalam penerapan pembelajaran nahwu sharaf dalam Amtsilati telah dilaksanakan dengan semaksimal mungkin dengan menggunakan kelas sesuai jilid masing-masing 5 jilid amtsilati plus 1 jilid pasca Amtsilati, dari model pembelajarannya antara jilid 1 sampai 5 secara umum sama yang membedakan adalah materi yang disampaikan dan juga jumlah hafalan khulashah yang tentunya semakin tinggi jilidnya semakin banyak hafalannya, sedangkan kelas pasca mempelajari kitab Tatimmah dan Sharfiyah sebagai kitab pendamping, dan juga di kelas pasca lebih mengedepankan praktik ke dalam teks langsung dengan harapan santri bisa mengimplemetasi materi ke dalam teks langsung, pada umumnya berlangsung dengan baik dan benar sesuai dengan pedoman penerapan pembelajaraan Amtsilati di pondok pesantren Darul Falah Jepara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andhika, Obbie Villyobbie.andhika@gmail.comD01217026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto--197311162007101001
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Santri
Keywords: Implementasi; Metode Amtsilati; Kitab Kuning.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Obbie Villy (Obbie) Andhika
Date Deposited: 01 Aug 2021 04:40
Last Modified: 01 Aug 2021 04:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49017

Actions (login required)

View Item View Item