Potensi tepung buah mangga manalagi (Mangifera indica L. var manalagi) sebagai sumber prebiotik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tsania, Iit Lusif (2021) Potensi tepung buah mangga manalagi (Mangifera indica L. var manalagi) sebagai sumber prebiotik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iit Lusif Tsania_H71217052.pdf

Download (1MB)

Abstract

Prebiotik merupakan bahan pangan yang tidak dapat diabsorbsi oleh host dan akan difermentasikan oleh mikroflora kolon yang selektif menjadi asam lemak rantai pendek. Sumber pangan prebiotik dapat menstimulsi pertumbuhan bakteri probiotik yang merupakan bakteri pemberi manfaat bagi inang salah satunya dengan melawan bakteri patogen. Prebiotik dapat berasal dari berbagai bahan alami seperti gandum, bawang, dan sawi. Salah satu bahan pangan yang diduga berpotensi sebagai sumber prebiotik adalah mangga manalagi. Oleh karena itu diperlukan penelitian mengenai prebiotik menggunakan buah mangga manalagi (Mangifera indica L. var manalagi) mengkal dalam bentuk tepung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan atau potensi mangga manalagi mengkal sebagai sumber prebiotik. Metode penelitian ini menggunakan eksperimental laboratory dengan pembuatan media sumber karbon yaitu variasi konsentrasi tepung buah mangga sebanyak 0% (kontrol negatif); 2,87% ; 5,59% ; 6,89% ; dan 6,89% prebiotik komersial (kontrol positif) masing-masing dicampurkan dengan MRS cair dan diberikan kultur Lactobacillus plantarum yang kemudian media sumber karbon tersebut dilakukan pengukuran berupa TPC, OD (Optical Density), dan pH. Hasil rata-rata TPC tertinggi 1,7 x 10^10 CFU/ml yaitu pada variasi konsentrasi tepung mangga 6,89%. Hal tersebut juga didapatkan pada hasil OD dan hasil pH yang menunjukkan angka tertinggi pada konsentrasi paling tinggi yaitu tepung mangga 6,89%, OD tertinggi 1,742, dan pH tertinggi 3.0. Berdasarkan hasil penelitian tepung mangga manalagi mengkal menunjukkan bahwa aktivitas prebiotik dapat menstimulasi pertumbuhan BAL yang berarti ini mengindikasikan mangga manalagi mengkal memiliki potensi sebagai sumber prebiotik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tsania, Iit Lusifiitlusif@gmail.comH71217052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.com198102282014032001
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunitaainunjariyah@gmail.com0705128601
Subjects: Biologi
Buah-buahan
Teknologi pangan
Keywords: Prebiotik; Mangga manalagi; Lactobacillus plantarum.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Iit lusif Tsania
Date Deposited: 01 Aug 2021 01:37
Last Modified: 01 Aug 2021 01:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49022

Actions (login required)

View Item View Item