Pembentukan karakter melalui program Tahfidzul Qur’an pada santri Ma’had Bahrul Fawaid Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizkiya, Neyli Deva (2021) Pembentukan karakter melalui program Tahfidzul Qur’an pada santri Ma’had Bahrul Fawaid Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Neyli Deva Rizkiya_D91217060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Kualitatif deskriptif yang dimaksud disini adalah sumber data yang diperoleh berasal dari data primer atau data utama yaitu dari pihak pesantren secara langsung, dan sumber data sekunder atau sumber data pendukung yang berasal dari luar sekolah atau masyarakat sekitar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara dan observasi, kemudian dianalisis untuk mengetahui pembentukan karakter melalui program tahfidzul qur’an pada santri Ma’had Bahrul Fawaid Lamongan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, menunjukkan bahwa 1) Kondisi karakter santri sebelum melakukan program tahfidzul qur’an Ma’had Bahrul Fawaid Lamongan, bisa dikatakan masih sangat perlu diperbaiki. Terlihat beberapa santri yang masih lalai dalam sholat jamaah, belum bias mencapai target yang diberikan oleh Ma’had, dan masih sering melakukan hal yang mendekati maksiat. Hal ini dikarenakan begitu banyaknya santri yang baru masuk Ma’had yang berasal dari lembaga-lembaga yang berbeda dan masa transisi dari sekolah menengah pertama menuju ke jenjang selanjutnya. 2) Implementasi program tahfidzul qur’an dalam membentuk karakter santri Ma’had Bahrul Fawaid Lamongan, dalam hal ini ma’had mempunyai beberapa strategi ketika melaksanakan program seperti a) memilih guru tahfidz yang mumpuni, b) setting ruang, dan c) motivasi dari kepala dan pengurus Ma’had serta dewan asatidz. Selain itu, metode-metode yang digunakan dalam program tahfidzul qur’an juga sangat berpengaruh seperti, a) metode talaqqi binnadhor, b) metode muroja’ah, dan c) metode ceramah. 3) Dan, kondisi karakter santri setelah mengikuti program tahfidzul Qur’an Ma’had Bahrul Fawaid Lamongan terlihat berubah sangat signifikan terlebih dalam karakter nilai-nilai religius, disiplin, dan tanggung jawab. Hal ini juga tak lepas dari usaha-usaha yang sudah dilakukan oleh pihak Ma’had dalam membentuk karakter santri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizkiya, Neyli Devaneylideva99@gmail.comD91217060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChanna A W, Lilieklilikchanna@gmail.com2018126701
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Santri
Keywords: Pembentukan Karakter; Program Tahfidzul Qur’an.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Neyli Deva Rizkiya
Date Deposited: 01 Aug 2021 04:34
Last Modified: 01 Aug 2021 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49024

Actions (login required)

View Item View Item