Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Ajari Aku Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Fera Nur Dian (2021) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Ajari Aku Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fera Nur Dian Sari_D91217094.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan pendidikan ialah medukung tercapainya tujuan penciptaan manusia, yaitu menjadi khalifah di bumi. Maka selayaknya pendidikan islam mampu mengantarkan pada hakikat manusia tersebut. Dengan demikian bahwasannya pendidikan Islam harus terus dilaksanakan bekesinambungan, baik dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga. Dibutuhkan sarana maupun media yang tepat agar pendidikan Islam tetap berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan kondisi dan situasi. Ditengah perkembangan zaman yang semakin pesat, selain memanfaatkan media teks kini banyak digunakan media audio-visual atau film. Film menjadi salah satu media untuk menyampaikan pesan pendidikan. Seorang yang ingin menyerap pesan yang baik dari film maka harus memilih dan memilah film yang baik pula. Salah satu film yang menuangkan pesan ajaran agama islam ialah film “Ajari Aku Islam”. Dari judul yang kental akan isyarat pendidikan Islam tersebut mendorong penulis untuk meneliti film ini. Penulis mencoba mengetahui, menelaah dan menganalisis guna mencari dan menemukan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti mencoba meyimpulkan makna melalui tahap demi tahap selama proses berlangsung dari awal sampai akhir kegiatan, dengan bersifat naratif, dan holistik. Penelitian ini termasuk jenis studi dokumen atau teks. Maknanya, pada penelitan ini kajiannya yang menitikberatkan pada analisis atau interpretasi bahan tertulis berdasarkan konteksnya. Metode analisis isi atu konten digunakan penulis paaa penelitian ini, untuk merefleksikan makna sesuai konteksnya. Analisis isi dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam rekaman, baik dalam gambar, suara maupun tulisan. Teknik ini untuk membuat inferensi-inferensi (suatu kesimpulan yang diambil dari deduksi atau induksi) dengan memperhatikan konteksnya. Dengan demikian peneliti dapat menelaah, menganalisis serta mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam Film Ajari Aku Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Fera Nur Dianferanurdiansari77@gmail.comD91217094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNiam, Khoirunkhoirunniam@gmail.com2025077001
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam; Film Ajari Aku Islam.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fera Nur Dian Sari
Date Deposited: 02 Aug 2021 14:24
Last Modified: 02 Aug 2021 14:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49038

Actions (login required)

View Item View Item