Peran orang tua dalam mengembangkan motivasi belajar di rumah pada anak tantrum saat pandemi Covid-19 di Taman Kanak-Kanak Bhakti Pertiwi Tempel Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andarista, Sonya Oppie (2021) Peran orang tua dalam mengembangkan motivasi belajar di rumah pada anak tantrum saat pandemi Covid-19 di Taman Kanak-Kanak Bhakti Pertiwi Tempel Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sonya Oppie Andarista_D99217051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan bagaimana upaya orang tua dalam mengatasi anak tantrum di TK Bhakti Pertiwi Tempel Krian Sidoarjo. 2) mendeskripsikan bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan motivasi belajar pada anak tantrum di TK Bhakti Pertiwi Tempel Krian Sidoarjo. 3) untuk mengetahui apa faktor penghambat orang tua ketika mendampingi belajar daring saat anak tantrum di TK Bhakti Pertiwi Tempel Krian Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu rangkaian kegiatan yang mendapatkan data yang bersifat apa adanya. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Saat data sudah terkumpulkan selanjutnya yaitu menarik kesimpulan untuk memperoleh hasil penelitian dan pembahasan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa ada beberapa upaya untuk mengatasi anak yang mengalami tantrum pada saat belajar seperti, membiarkan anak terlebih dahulu tetapi tetap mengawasinya, mengajak anak berbicara dan mencari sebab mengapa anak berperilaku tersebut, dan memberikan nasihat serta arahan untuk anak lebih positif dalam meluapkan amarahnya. Tantrum disebabkan oleh pola asuh yang sangat memanjakan anak, keinginan anak yang tidak terwujud serta kebosanan anak saat melakukan pembelajaran secara daring sehingga ia mengalami penurunan semangat dalam belajar dan meluapkannya dengan cara seperti itu. Peran orang tua dalam mengembangkan motivasi belajar pada anak tantrum sangat penting agar perkembangan anak lebih baik lagi. Sebab, motivasi tersebut akan menumbuhkan semangat saat anak malas belajar. Adapun beberapa faktor yang menghambat orang tua untuk memotivasi belajar pada anak tantrum salah satunya yaitu kesabaran orang tua yang disebabkan karena orang tua tidak memahami karakter sang anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andarista, Sonya Oppiesonya.andarista04@gmail.comD99217051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorDwijo, Al-Qudus Nofiandri Sucipto--197311162007101001
Subjects: Motivasi Belajar
Orang tua dan Anak
Keywords: Peran orang tua; motivasi belajar; tantrum.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Sonya Oppie Andarista
Date Deposited: 01 Aug 2021 07:39
Last Modified: 01 Aug 2021 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49046

Actions (login required)

View Item View Item