تحليل محتوى كتاب مدارج الدروس العربية الجزء الأول على تأليف الشيخ الحاج محمد بصاري علوي للصف العاشر بمدرسة أمانة الأمة الثانوية العامة سورابايا بنظرية ويليام فرنجيس ماكي (William Francis Mackey)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochman, Moch Abdul (2021) تحليل محتوى كتاب مدارج الدروس العربية الجزء الأول على تأليف الشيخ الحاج محمد بصاري علوي للصف العاشر بمدرسة أمانة الأمة الثانوية العامة سورابايا بنظرية ويليام فرنجيس ماكي (William Francis Mackey). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Abdul Rochman_D22216092.pdf

Download (3MB)

Abstract

Buku pelajaran memiliki peran penting dalam kegiatan pembelajaran. buku pelajaran juga berisi materi materi yang dibutuhkan siswa dalam mengembangkan pengetahuan merekan dan juga meningkatkan keterampilan mereka. Namun dalam pengamatan kitab Madarij Al Durus Al Arobiyah masih terdapat kekurangan yang harus diperbaiki. Oleh karena itu, peneliti membahas analisis isi materi dalam kitab Madarij Al Durus Al Arobiyah Juz I kelas X SMA Amanatul Ummah Surabaya karya K.H. Mohammad Bashori Alwi berdasarkan teori William Francis Mackey, karena teori William Francis Mackey memiliki kriteria yang sesuai dalam penyusunan materi dalam buku pelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: apa saja isi materi dalam kitab Madarij Al Durus Al Arobiyah Juz I kelas X SMA Amanatul Ummah Surabaya karya K.H. Mohammad Bashori Alwi?. Bagaimana kesesuaian kitab Madarij Al Durus Al Arobiyah Juz I kelas X SMA Amanatul Ummah Surabaya karya K.H. Mohammad Bashori Alwi dengan teori William Francis Mackey?. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif, adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Adapun hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa materi dalam kitab Madarij Al Durus Al Arobiyah Juz I berisi tiga puluh empat pelajaran dan pada setiap pelajaran ada latihan dan kamus di halaman terakhir. Kitab ini belum memenuhi kriteria analisis William Francis Mackey, karena dalam kitab ini tidak menyajikan keterampilan mendengar dalam materi. Namun dalam penerapan pembelajarannya guru tetap memberikan metode yang mendukung dalam peningkatan keterampilan mendengar siswa. Oleh sebab itu, Isi materi dalam kitab ini tidak sesuai untuk diajarkan pada siswa kelas X SMA Amanatul ummah Surabaya. Dan dari segi keterampilan bahasa, buku ini belum sesuai dengan kriteria analisis William Francis Mackey.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochman, Moch Abdulrohmaaan112@gmail.comD22216092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsby.ac.id2028097802
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Analisis; Kitab Madarij Al Durus Al Arobiyah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Moch Abdul Rochman
Date Deposited: 02 Aug 2021 14:46
Last Modified: 02 Aug 2021 14:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49049

Actions (login required)

View Item View Item