Analisis nilai-nilai karakter pada Bupena Tema 2 "Persatuan dalam Perbedaan" Untuk SD/MI Kelas VI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Erna Maulidina (2021) Analisis nilai-nilai karakter pada Bupena Tema 2 "Persatuan dalam Perbedaan" Untuk SD/MI Kelas VI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erna Maulidina Sari_D97217047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena Bupena yang digunakan sebagai buku pelengkap dari buku guru dan buku siswa, sedangkan nilai-nilai karakter yang terkandung pada Bupena tema 2 “Persatuan dalam Perbedaan” belum dipaparkan secara langsung dan merata. Tujuan dari penelitian ini: 1) untuk menganalisis nilai-nilai karakter pada Bupena Tema 2 “Persatuan dalam Perbedaan” Untuk SD/MI Kelas VI. 2) untuk mengetahui kesesuaian nilai karakter dalam Bupena Tema 2 “Persatuan dalam Perbedaan” Untuk SD/MI Kelas VI dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 20 tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan teknik ketekunan serta teknik analisis datanya menggunakan analisi isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat 5 nilai karakter pada Bupena Tema 2 “Persatuan dalam Perbedaan”. Nilai-nilai karakter tersebut antara lain: 4 nilai karakter religius, 7 item nilai karakter nasionalis, 4 nilai karakter integritas, 13 nilai karakter mandiri, 23 nilai karakter gotong royong. 2) Kesesuaian 5 nilai utama karakter pada Bupena tema 2 “Persatuan dalam Perbedaan” dengan Permendikbud No.20 Th. 2018 dapat dijelaskan sebagai berikut: nilai karakter religius sesuai dengan sub cinta damai dan toleransi; nilai karakter nasionalis sesuai dengan sub cinta tanah air, peduli lingkungan, dan semangat kebangsaan; nilai karakter integritas sesuai dengan sub tanggung jawab; nilai karakter mandiri sesuai dengan sub kerja keras dan kreatif; nilai karakter gotong royong sesuai dengan sub komunikatif, peduli sosial dan demokratis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Erna Maulidinaernamsuinsa7@gmail.comD97217047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa2014@yahoo.com2006067301
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab@gmail.com2020027701
Subjects: Buku > Buku Pelajaran
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Nilai-Nilai Karakter; Bupena; Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erna Maulidina Sari
Date Deposited: 01 Aug 2021 01:05
Last Modified: 01 Aug 2021 01:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49054

Actions (login required)

View Item View Item