Pengelompokan daerah terdampak Covid-19 di Provinsi Jawa Timur menggunakan metode Hierarchical K-Means Clustering (HK-Means)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dzikriyyah, Mu'asatudz (2021) Pengelompokan daerah terdampak Covid-19 di Provinsi Jawa Timur menggunakan metode Hierarchical K-Means Clustering (HK-Means). Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mu'asatudz Dzikriyyah_H72217053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Covid-19 sekarang menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak negara di seluruh dunia. Khususnya di provinsi Jawa Timur yang merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang penyebaran Covid-19 juga terus meningkat dan belum menunjukkan penurunana sampai saat ini. Tingginya penyebaran Covid-19 di Jawa Timur ini maka perlu adanya pengelompokan daerah terdampak Covid-19 di Jawa Timur untuk mengetahui kemiripan karakteristik atau kriteria dari setiap daerah. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam pengelompokan ini adalah dengan menggunakan analisis cluster. Penelitian ini menggunakan Metode Hierarchical K-Means Clustering (HK-Means) dengan Studi Kasus : Jawa Timur. Metode Hierarchical K-Means Clustering (HK-Means) merupakan gabungan antara metode hierarchical clustering yaitu metode (Single Linkage, Complete Linkage, Average Linkage) dengan K-means, digabungkan agar dapat meningkatkan dan menghasilkan hasil cluster dengan kualitas yang lebih baik dan tinggi. Metode K-means mempunyai kelemahan yaitu pada penentuan pusat awal cluster. Untuk itu, metode K-means digabungkan dengan metode Hierarchical Clustering untuk menghasilkan hasil cluster yang lebih baik. Ukuran jarak yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jarak euclidean. Hasil analisis cluster yang terbaik adalah gabungan antara Complete Linkage dengan K-means dengan percobaan 2 cluster yang menghasilkan nilai Silhouette Index sebesar 0,5628. Berdasarkan hasil cluster terbaik, pada bulan Desember terdapat 2 kelompok yaitu kelompok rawan yang terdiri dari 6 daerah yaitu Kota Surabaya, Kab. Banyuwangi, Kab. Kediri, Kota Malang, Kab. Tuban, dan Kab. Jember. Dan kelompok aman yang terdiri dari 32 Kabupaten/Kota lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dzikriyyah, Mu'asatudzasadzikriyyah12@gmail.comH72217053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Thesis advisorLutfi, Hakimlutfihakimbungah@gmail.com197312252006041001
Subjects: Matematika
Keywords: Covid-19; Jawa Timur; Analsis Cluster; HK-Means; dan Silhouette Coefficients.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Mu'asatudz Dzikriyyah
Date Deposited: 02 Aug 2021 14:49
Last Modified: 02 Aug 2021 14:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49057

Actions (login required)

View Item View Item