Perancangan Planetarium dan Observatorium di Kabupaten Malang dengan Pendekatan Analogi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoir, M Nafi'ul (2021) Perancangan Planetarium dan Observatorium di Kabupaten Malang dengan Pendekatan Analogi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Nafi’ul Khoir_H03217010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perancangan planetarium dan observatorium merupakan gagasan dalam upaya untuk menghimpun ilmu pengetahuan astronomi di Indonesia sebagaiamana objek tersebut bisa membagikan pembelajaran tentang astronomi selain pembelajaran resmi menggunakan metode yang lebih interaktif sekaligus menjadi wahana wisata yang edukatif di Kabupaten Malng. Kabupaten Malang memiliki daya tarik pariwisata yang luar biasa khusunya di wilayah Jawa Timur. Rancangan planetarium dan observatorium ini akan menghadirkan analogi dari konsep tata surya gubahan bentuk serta ruang arsitektural kemudian diintegrasikan dengan Al Qur’an serta diimplementasikan kedalam desain arsitektual sehingga dapat mengantarkan infromas secara visual maupun terkandung dalam setiap pengalaman ruang dalam objek planetarium dan observatorium. Sebagai teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, servey lokasi serta studi literatur. Dengan demikian konsep perancangan planetarium dan observatorium ini dapat menghasilkan rancangan desain yang representatif terhadap kemajuan ilmu sains dan teknologi khususnya ilmu astronomi dan dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk berkunjung ke planetarium serta observatorium dan belajar mengenai ilmu astronomi dengan sistem pembelajran yang lebih interaktif dan inovatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoir, M Nafi'ulnafi9429@gmail.comH03217010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorPrianto, Kusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id2002047903
Subjects: Arsitektur
Astronomi
Estetika
Keywords: Planetarium; Observatorium; Kabupaten Malang; Analogi; Tata Surya.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: MUHAMMAD NAFI'UL KHOIR
Date Deposited: 02 Aug 2021 14:39
Last Modified: 02 Aug 2021 14:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49083

Actions (login required)

View Item View Item