Pengaruh pemberian insektisida nabati dari tanaman maja (Aegle marmelos) terhadap mortalitas hama (wereng cokelat dan penggerek batang padi kuning) dan respon pertumbuhan tanaman padi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Majid, Devi Indah Zahrotul (2021) Pengaruh pemberian insektisida nabati dari tanaman maja (Aegle marmelos) terhadap mortalitas hama (wereng cokelat dan penggerek batang padi kuning) dan respon pertumbuhan tanaman padi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Indah Zahrotul Majid_H01217003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wereng cokelat dan penggerek batang padi kuning adalah hama yang dapat menimbulkan kerusakan pada tanaman padi. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk memberantasnya adalah dengan memberikan pestisida nabati dari ekstrak tanaman maja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan konsentrasi yang tepat dari ekstrak tanaman maja terhadap mortalitas hama (wereng cokelat dan penggerek batang padi kuning) dan respon pertumbuhan pada tanaman padi. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari kontrol positif (pestisida kimia), kontrol negatif (tanpa perlakuan), ekstrak daging buah maja, kulit buah maja dan daun tanaman maja dengan konsentrasi masing-masing 20%, 40% dan 60%. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Setiap ekstrak diaplikasikan selama 10 hari pada tanaman padi setelah diberi hama untuk dilihat pengaruhnya terhadap mortalitas hama dan respon pertumbuhan tanaman padi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, persentase mortalitas hama wereng cokelat paling tinggi adalah pada ekstrak daging buah maja konsentrasi 60% yaitu 66,67% sedangkan pada hama penggerek batang padi kuning adalah ekstrak kulit buah maja konsentrasi 60% yaitu 66,67%. Pada pertumbuhan tanaman padi, ekstrak daging buah maja konsentrasi 60% memiliki hasil paling baik pada jumlah anakan, warna daun dan tingkat kerusakan tanaman padi setelah diserang hama penggerek batang padi kuning dan wereng cokelat dengan nilai masing-masing yaitu 29 batang, 3,5 dan 14,8%. Ekstrak tanaman maja memberi pengaruh yang signifikan untuk membunuh hama (wereng cokelat dan penggerek batang padi kuning) dan memberikan respon yang baik terhadap jumlah anakan, tingkat kerusakan dan warna daun tanaman padi yang diserang hama penggerek batang padi kuning dan wereng cokelat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Majid, Devi Indah Zahrotulidevi9177@gmail.comH01217003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorFaizah, Hanik--201409019
Subjects: Pertanian
Keywords: Ekstrak tanaman maja; Hama Penggerek batang padi kuning; Hama Wereng cokelat; Mortalitas hama; Pertumbuhan tanaman padi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Devi Indah Zahrotul Majid
Date Deposited: 04 Aug 2021 14:02
Last Modified: 04 Aug 2021 14:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49085

Actions (login required)

View Item View Item