Keanekaragaman Jenis Burung di Kawasan Blok Ireng-Ireng Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, M. Syukron (2021) Keanekaragaman Jenis Burung di Kawasan Blok Ireng-Ireng Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Syukron Hidayat_H71217034.pdf

Download (3MB)

Abstract

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah suatu cagar alam yang dikelilingi oleh empat kabupaten, yaitu Malang, Pasuruan, Lumajang dan, Probolinggo tepatnya pada provinsi Jawa Timur. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) merupakan kawasan dengan keanekaragaman hayati yang tinggi, salah satunya adalah burung. Blok Ireng-Ireng diketahui merupakan salah satu kawasan dengan keragaman burung yang tinggi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman burung, jenis burung dan burung apa yang mendominasi di kawasan blok ireng-ireng. Metode pengamatan menggunakan metode Line Transect di sepanjang jalan kawasan blok ireng-ireng selama bulan Desember - Februari. Hasil pengamatan diidentifikasi dengan buku panduan lapangan serta dicocokan dengan rekaman suara burung yang didapatkan. Ditemukan 47 spesies burung dari 9 ordo dan 29 famili. Hasil pengamatan dianalisis menggunakan indeks keanekaragaman jenis, indeks dominansi, indeks kemerataan dan indeks kelimpahan relative. Pada indeks keanekaragaman jenis burung didapatkan 2,58. Pada indeks dominansi didapatkan hasil 0,1152. Pada indeks kemerataan didapatkan hasil 0,8797. Pada indeks kemelimpahan relatif didapatkan spesies dengan kemelimpahan tertinggi yaitu Opior Jawa (21%) dan paling rendah yaitu elang-cina, elang hitam, luntur harimau dan uncal loreng yang masing-masing memiliki kemelimpahan sebesar 2%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, M. Syukronalhidayat.talun@gmail.comH71217034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian

Ekologi
Keywords: Keanekaragaman; Burung; Taman Nasional Bromo Tengger Semeru; Blok Ireng-Ireng.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: M. Syukron Hidayat
Date Deposited: 01 Aug 2021 02:07
Last Modified: 01 Aug 2021 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49086

Actions (login required)

View Item View Item