Analisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada konten bilangan ditinjau dari dominasi otak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tyasari, Lulus Cahya (2021) Analisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada konten bilangan ditinjau dari dominasi otak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lulus Cahya Tyasari_D74217052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu konten yang paling mendasar dalam matematika adalah bilangan. Kelemahan siswa dalam menyelesaikan soal terkait konten bilangan berkaitan dengan kemampuan dan proses berpikir siswa. Proses berpikir diartikan sebagai proses yang sering terjadi dalam aktivitas mental seseorang yang berfungsi untuk menyelesaikan masalah, membuat keputusan, serta mencari pemahaman. Dalam proses berpikir setiap individu memiliki kecenderungan untuk menggunakan salah satu belahan otaknya atau yang lebih dikenal dengan dominasi otak. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada konten bilangan ditinjau dari dominasi otak kanan maupun dari dominasi otak kiri serta membandingkan keefektifan antara siswa yang memiliki proses berpikir dominasi otak kanan dengan siswa yang memiliki dominasi otak kiri dalam menyelesaikan soal HOTS konten bilangan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E di SMP Negeri 2 Buduran tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling, yaitu diambil masing – masing 3 siswa dari keseluruhan siswa kelas VIII E yang memiliki dominasi otak kanan dan dominasi otak kiri. Teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis data angket, analisis data tes tulis dan analisis hasil wawancara. Teknik analisis data angket dilakukan untuk mengetahui dominasi otak yang dimiliki oleh setiap siswa. Teknik analisis data tes tulis dilakukan untuk mendeksripsikan proses berpikir siswa berdasarkan indikator proses berpikir siswa. Sedangkan teknik analisis data wawancara dilakukan untuk mendeskripsikan lebih mendalam tentang proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari dominasi otak kanan dan otak kirisiswa. Hasil penelitianyang diperoleh yaitu, siswa yang memiliki dominasi otak kanan mengalami proses berpikir LOTS dan HOTS dengan indikator mengingat, memahami, mengaplikasi dan mengkreasi. Sedangkan siswa yang memiliki dominasi otak kiri mengalami proses berpikir LOTS dan HOTS dengan indikator mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi. Sehingga diperoleh perbandingan bahwa proses berpikir bahwa proses berpikir siswa dengan dominasi otak kiri lebih efektif jika dibandingkan dengan siswa yang berdominasi otak kanan dalam menyelesaikan soal HOTS pada konten bilangan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tyasari, Lulus Cahyacahyalulus70@gmail.comD74217052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan
Keywords: Proses berpikir; Dominasi otak kanan; Dominasi otak kiri; Soal HOTS; Konten bilangan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LULUS CAHYA TYASARI
Date Deposited: 02 Aug 2021 14:36
Last Modified: 02 Aug 2021 14:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49092

Actions (login required)

View Item View Item