Eksperimen privacy management pada generasi z menggunakan uji mc nemar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadzila, Apriliana Muzumrotul (2021) Eksperimen privacy management pada generasi z menggunakan uji mc nemar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Apriliana Muzumrotul Fadzila_H76217028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kejahatan penyalahgunaan data privasi di internet saat ini sering disebabkan oleh pengguna yang kurang sadar terhadap data pribadi dan kurangnya pembekalan terhadap ilmu tentang kecerdasan digital atau Digital Intelligence (DQ) terkait dengan privacy management. Sama halnya Intelligence Quotient (IQ) dan Emotional Intelligence Quotient (EQ), DQ merupakan kompetensi yang dapat diukur. Sehingga dengan adanya DQ seseorang dapat berperilaku bijaksana, kompeten dan siap dalam menggunakan, mengontrol dan menciptakan teknologi dengan baik dan benar serta bertanggungjawab. Oleh karena itu penelitian eksperimental tentang privacy management perlu dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih efektif kepada pengguna internet. Eksperimen privacy management dianalisis dengan teknik Mc Nemar berdasarkan indikator dalam DQ Framework. Tujuannya adalah untuk melihat pengaruh treatment terhadap pemahaman akan pentingnya privacy management pada generasi Z melalui pendekatan pre and posttest design. Responden adalah 96 generasi Z yang tersebar di beberapa wilayah Jawa Timur dengan kriteria menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. Hasil riset menunjukkan bahwa treatment dalam bentuk pelatihan pada penelitian ini dinilai efektif dalam meningkatkan pengetahuan (knowledge) sebesar 20,8%, keterampilan (skills) sebesar 19,7% dan attitude sebesar 15,6%. Hasil uji statitistik menunjukkan nilai x2 lebih besar dari nilai Chi-Square dengan derajat kebebasan=1 yaitu 3,841 sehingga menunjukkan adanya pengaruh terhadap knowledge (x2 = 10,618), skills (x2 = 8,308) dan attitude (x2 = 7,259).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadzila, Apriliana Muzumrotulaprilianamuzumrotul7@gmail.comH76217028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Thesis advisorRolliawati, Dwidwi-roll@uinsby.ac.id2027097901
Subjects: Komputer
Tehnik Informatika
Teknologi
Keywords: Privacy management; generasi Z; eksperimental; pretest and posttest.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: april fadzila
Date Deposited: 02 Aug 2021 13:50
Last Modified: 02 Aug 2021 13:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49093

Actions (login required)

View Item View Item