Perilaku mengikuti Yahudi dan Nasrani dalam Hadis Nabi: studi ma’ani al-hadith riwayat Ibnu Majah 3994 perspektif Ibnu Taimiyyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imaniah, Arifianti Miftakhul (2021) Perilaku mengikuti Yahudi dan Nasrani dalam Hadis Nabi: studi ma’ani al-hadith riwayat Ibnu Majah 3994 perspektif Ibnu Taimiyyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arifianti Miftakhul Imaniah_E95217023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitan ini, pertama, mengidentifikasi kualitas dan keh}ujjahan hadis perilaku mengikuti Yahudi dan Nasrani. Kedua, menganalisis matan hadis menurut pandangan Ibnu Taimiyyah tentang perilaku mengikuti Yahudi dan Nasrani. Ketiga, menganalisis kontekstualisasi hadis perilaku mengikuti jalan Yahudi dan Nasrani jika dikaitkan dengan kondisi masyarakat Indonesia. Penelitian ini diorientasikan untuk menjawab tiga pokok permasalahan, pertama, kualitas dan keh}ujjahan hadis perilaku mengikuti Yahudi dan Nasrani dalam Kitab Sunan Ibnu Ma>jah. Kedua, analisis matan Hadis menurut pandangan Ibnu Taimiyyah tentang perilaku mengikuti Yahudi dan Nasrani dalam Kitab Sunan Ibnu Ma>jah. Ketiga, kontektualisasi hadis perilaku mengikuti Yahudi dan Nasrani jika dihadapkan dengan kondisi masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penyajian data secara deskriptif analitis. Penelitian ini menggunakan kitab Sunan Ibnu Majah dan kitab karangan Ibnu Taimiyyah yang berjudul Iqtida’u al-Sirat al-Mustaqim Mukhalafah Ashab al-Jahim terjemahan Abu Fudhail sebagai sumber utama dibantu dengan beberapa kitab hadis standart lainnya. Kemudian dianalisa menggunakan metode kritik sanad dan matan dan dengan pandangan Ibnu Taimiyyah. Adapun hasil dari penelitian ini, pertama, hadis perilaku mengikuti Yahudi dan Nasrani dalam Sunan Ibnu Majah 3994 berkualitas sahih li dhatihi dan tergolong sebagai hadis maqbul yang memenuhi syarat-syarat hadis ma’mu>lun bih (hadis yang dapat diamalkan), karena hadis tersebut mengandung pengertian yang jelas. Kedua, kontekstualisasi hadis jika dikaitkan dengan perilaku masyarakat Indonesia dengan pandangan Ibnu Taimiyyah sangat tidak sejalan. Karena perilaku masyarakat Indonesia di antaranya yaitu bernyanyi dengan menggunakan ayat Alquran, sikap ghulluw oleh para Syiah, sikap ghulluw terhadap orang-orang salih, berdoa meminta uang di makam Habib Husain bin Abu Bakar Alaydrus, sikap ghulluw terhadap Habib Husain bin Abu Bakar Alaydrus, dan perilaku mengubah isi kitab Allah. Semua perilaku tersebut menurut pandangan Ibnu Taimiyyah di dalam kitabnya sangat tercela dan termasuk perilaku mengikuti Yahudi dan Nasrani.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imaniah, Arifianti Miftakhularifiantiimaniah@gmail.comE95217023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaida2rahma@Gmail.com2123017602
Subjects: Perilaku
Keywords: Perilaku Mengikuti; Yahudi dan Nasrani; Perspektif Ibnu Taimiyyah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: arifianti imaniah
Date Deposited: 02 Aug 2021 14:03
Last Modified: 02 Aug 2021 14:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49096

Actions (login required)

View Item View Item