Pengembangan perangkat pembelajaran dengan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sugiarto, Sugiarto (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sugiarto_D04216034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Minat belajar siswa merupakan salah satu aspek paling mendasar yang harus dimiliki oleh siswa, apabila minat belajar siswa bertambah maka minat belajar matematika siswa juga meningkat. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa minat belajar matematika yang dimiliki siswa masih terbilang rendah. Pada penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa. Perangkat yang dikembangkan yaitu RPP dan LKS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses kevalidan dan kepraktisan perangkat yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan menggunakan tiga tahap awal model pengembangan ADDIE yakni Analysis, Design, Development. Data penelitian diperoleh dari data catatan lapangan (field note) yang digunakan untuk memperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran, dan data hasil validasi ahli yang digunakan untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa; pada tahap analysis diperoleh data bahwa kurikulum yang digunakan sekolah kurikulum 2013, dan materi yang digunakan dalam perangkat pembelajaran sifat-sifat penjumlahan dan pengurangan bilang bulat. Selanjutnya, pada tahap design dirancang perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan yakni RPP dan LKS, serta instrumen-instrumen penelitian lain yang dibutuhkan. Kemudian pada tahap development, dikembangkan perangkat sesuai rancangan pada tahap sebelumnya untuk kemudian divalidasi oleh empat orang validator. Hasil penelitian menyatakan bahwa perangkat pembelajaran dikatakan “cukup valid” dengan rata-rata total kevalidan RPP sebesar 3,39, dan rata-rata total kevalidan LKS sebesar 3,32. Perangkat pembelajaran dikatakan “praktis” dengan rata-rata penilaian “B” yang artinya perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sugiarto, Sugiartouge.arto@gmail.comD04216034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction); Minat Belajar Matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SUGIARTO SUGIARTO
Date Deposited: 02 Aug 2021 15:03
Last Modified: 02 Aug 2021 15:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49097

Actions (login required)

View Item View Item