Keanekaragaman jenis capung (Ordo: Odonata) pada berbagai tipe habitat Di Kawasan Desa Karangrejo Kecamatan Garum Kabupaten Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarak, Zakki (2021) Keanekaragaman jenis capung (Ordo: Odonata) pada berbagai tipe habitat Di Kawasan Desa Karangrejo Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakki Mubarak_H01217018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara tropis dengan megabiodiversitas karena memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat tinggi. Ekosistem yang banyak dikaji dan diteliti adalah kawasan ekosistem perairan sungai. Ekosistem perairan sungai terdapat vegetasi dan biota yang beragam jenisnya salah satunya adalah serangga pada Ordo Odonata yang dapat dijadikan sebagai bioindikator. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui Indeks Biodiversitas, Kemerataan dan Dominansi di Desa Karangrejo, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2020 - Januari 2021 dengan membagi lokasi menjadi enam plot dengan berbagai tipe habitat, data yang didapat kemudian diidentifikasi dan dianalisis menggunakan indeks Shannon-Wiener, indeks kemerataan (E) dan Dominansi (D) dengan rumus Simpson. Berdasarkan hasil pengamatan didapatkan 29 spesies Odonata dengan tiga spesies terbanyak yaitu Pantala flavescens, Orthetrum sabina, dan Vestalis luctuosa. Tingkat diversitas odonata tertinggi terdapat pada plot 3 sebesar H’ = 2,26. Indeks dominansi tertinggi pada plot 3 sebesar D=0,85; dan indeks Kemerataan tertinggi pada plot 5 sebersar E = 0,36.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarak, Zakkizakkimubarak5@gmail.coH01217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Ekologi
Keywords: Diversitas Odonata; Tipe habitat; Kemerataan dan dominansi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Zakki Mubarak
Date Deposited: 06 Aug 2021 11:43
Last Modified: 06 Aug 2021 11:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49099

Actions (login required)

View Item View Item