Istidraj dalam Tafsir al-Qur'anul Majid an-Nur karya Hasbi ash-Shiddieqy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bimantoro, Bayu Arif (2021) Istidraj dalam Tafsir al-Qur'anul Majid an-Nur karya Hasbi ash-Shiddieqy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bayu Arif Bimantoro_E93216107.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah penafsiran istidraj dalam tafsir Al-Qur’anul Majid An-nur karya Hasbi Ash-Shiddieqy, yang memberi pengertian bahwa adanya ujian terhadap manusia berupa kesenangan dan kenikmatan, semata–mata Allah SWT berperilaku baik terhadap mereka, namun sebaliknya Allah memberikan kesenangan dan kenikmatan tersebut adalah suatu ujian terhadap perilaku maksiat dan dusta terhadap ayat–ayat suci Alquran. Dengan demikian penelitian ini akan membingkai penafsiran tersebut dalam satu bahasan yakni istidra>j menurut Hasbi Ash-Shiddieqy dalam kitabnya tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur. Penelitian pada skripsi ini termasuk jenis penelitian library research yaitu mengumpulkan data dari berbagai literatur yang relevan sebagai bahan rujukan tentang istidraj dalam tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur karya Hasbi Ash-Shiddieqy, model penelitian yang digunakan adalah model penelitian kualitatif, sehingga setelah terkumpul data-data rujukan maka dilakukan identifikasi dan analisis data yang bersumber dari data primer yaitu kitab tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur karya Hasbi Ash-Shiddieqy. Dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa makna dari istidraj adalah hukuman berupa kesenagan dan kenikmatan yang diberikan kepada manusia yang berperilaku dusta terhadap ayat-ayat Allah SWT dan mereka berbuat maksiat. Merekapun dengan rasa tenang beranggap semua yang diberikan kepadanya adalah bentuk kemuliaan, namun sebenarnya Allah SWT memberikan kesenangan dan kenikmatan tersebut agar mereka semakin lupa dari Allah, dan pada saat itulah Allah memperilakukan mereka dengan cara menarik sedikit demi sedikit dari mereka, sehingga mereka menjadi hina. Sehingga dapat direnungkan kembali, apa yang telah kita peroleh baik kesenangan maupun kenikmatan tersebut adalah suatu kemuliaan atau ujian yang Allah berikan kepada kita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bimantoro, Bayu Arifarifbimantoro2098@gmail.comE93216107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Istidraj; Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur; Hasbi Ash-Shiddieqy.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Bayu Arif Bimantoro
Date Deposited: 06 Aug 2021 13:43
Last Modified: 06 Aug 2021 13:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49109

Actions (login required)

View Item View Item