Uji potensi Trichoderma Asperellum sebagai Agen Biodegradasi pewarna tekstil Secara In Vitro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dylia, Della Octa (2021) Uji potensi Trichoderma Asperellum sebagai Agen Biodegradasi pewarna tekstil Secara In Vitro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Della Octa Dylia_H71217027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan industri tekstil berbanding lurus dengan limbah yang dihasilkan. Penumpukan limbah pewarna terus menerus terlebih tanpa pengolahan yang tepat dapat mengakibatkan akumulasi polutan yang berbahaya bagi mahkluk hidup dan lingkungan. Salah satu alternative untuk menangani penumpukan polutan tekstil adalah remediasi menggunakan jamur Trichoderma asperellum. Penelitian ini bertujuan untuk menguji potensi T. asperellum dalam mendegradasi pewarna tekstil dan untuk mengetahui jenis pewarna yang paling optimum terdegradasi oleh T. asperellum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terbagi menjadi 6 perlakuan berbeda berdasarkan pewarnanya yaitu pewarna Acid Orange, Direct Blue, Fast Green, Reactive Black, Sulphur Black dan Vat Blue. Pengujian diawali dengan skrining, yaitu dengan menginokulasikan disc media yang di tumbuhi jamur Trichoderma asperellum ke media PDA yang telah dimodifikasi dengan tambahan pewarna kemudian diinkubasi. Setelah 14 hari diamati adanya perubahan warna media. Selanjutnya adalah uji potensi degradasi, yaitu dengan menginokulasikan disc isolate T. asperellum ke dalam media CDB yang telah dimodifikasi dengan tambahan pewarna. Pada hari ke 7 setelah inokulasi, dilakukan pengukuran absorbansi. Nilai absorbansi kemudian dimasukkan ke dalam suatu persamaan sehingga didapatkan data presentase dekolorisasi. Hasil skrining menunjukkan perubahan warna media lebih pudar pada semua jenis pewarna yang mengindikasikan adanya aktivitas degradasi. Sedangkan hasil uji menunjukkan Trichoderma asperellum mampu mendegradasi pewarna tekstil jenis Acid Orange, Direct blue, Fast Blue Reactive black Sulpur black dan Vat Blue. Degradasi tertinggi pada pewarna Sulphur Black dengan presentase sebesar 94.44% sedangkan degradasi terendah pada pewarna Acid Orange dengan presentase sebesar 2.03%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dylia, Della OctaDylia_1222@yahoo.comH71217027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id8927000020
Subjects: Biologi
Keywords: Degradasi; Pewarna Tekstil; Trichoderma asperellum.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Della Octa Dylia
Date Deposited: 02 Aug 2021 14:19
Last Modified: 02 Aug 2021 14:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49110

Actions (login required)

View Item View Item