“Uji Total Plate Count (TPC) dan Identifikasi Bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp. pada Pentol di Sekitar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzia, Silvi Fatma (2021) “Uji Total Plate Count (TPC) dan Identifikasi Bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp. pada Pentol di Sekitar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvi Fatma Fauzia_H71217061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pentol adalah olahan sejenis bakso namun memiliki komposisi tepung yang lebih banyak. Pentol merupakan salah satu jajanan yang digemari. Pentol yang dalam penyajian tidak menjaga kebersihan dapat terkontaminasi bakteri. Bakteri Escherichia coli dan bakteri Salmonella sp. merupakan parameter adanya kontaminasi pada makanan dan dapat menyebabkan penyakit salah satunya adalah diare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai TPC pada pentol dan untuk mengetahui ada atau tidaknya cemaran bakteri Escherichia coli dan bakteri Salmonella sp. pada pentol yang dijual di sekitar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Penelitian ini bersifat deskriptif. Pada pengujian nilai TPC dilakukan dengan menggunakan metode pour plate. Sedangkan untuk mengetahui ada atau tidaknya bakteri Escherichia coli menggunakan media EMBA dengan teknik duplo dan kemudian dilanjutkan dengan uji biokimia berupa uji imvic. Pada identifkasi Salmonella sp. menggunakan media SSA yang kemudian dilanjutkan dengan uji biokimia berupa uji tsia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 sampel yang diuji, terdapt nilai TPC tertinggi sebesar 2,3 x 105 dan nilai TPC terendah sebesar 6,5 x 104
. Pada penelitian ini terdapat 1 sampel yang tidak memenuhi syarat TPC dan terdapat 4 sampel yang memenuhi syarat TPC. Nilai TPC maksimum sesuai standart SNI 7388:2009 megenai batas maksimum olahan daging berupa pentol sebesar 1 x 55 Cfu/gram dari 5 sampel yang diuji, terdapat 2 sampel terkontaminasi bakteri Escherichia coli . Pada hasil identifikasi bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp., dari 5 sampel yang diteliti terdapat 2 sampel positif bakteri Escherichia coli dan diteliti terdapat 4 sampel positif bakteri Salmonella sp.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzia, Silvi FatmaSilvifaf3@gmail.comH71217061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id8927000020
Subjects: Biologi
Keywords: Bakteri Escherichia coli; Bakteri Salmonella sp; Pentol; TPC.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Silvi Fatma Fauzia
Date Deposited: 02 Aug 2021 14:57
Last Modified: 02 Aug 2021 14:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49113

Actions (login required)

View Item View Item