Patogenitas nematoda entomopatogen yang berasal dari lahan kopi ‎terhadap Crocidolomia pavonana

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulida, Hawwa' Cahya (2021) Patogenitas nematoda entomopatogen yang berasal dari lahan kopi ‎terhadap Crocidolomia pavonana. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hawwa' Cahya Maulida_H01217007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Crocidolomia pavonana merupakan hama yang dapat menyebabkan kerusakan ‎pada tanaman kubis hingga 50%. Para petani sering menggunakan pestisida ‎sintetik dalam mengendalikan hama C. pavonana, sementara pestisida sintetik ‎mempunyai dampak negatif bagi lingkungan dan makhluk hidup disekitarnya. ‎Nematoda Entomopatogen merupakan agen pengendali hayati yang dinilai efektif ‎untuk mengendalikan hama C. pavonana. Penelitian ini bertujuan untuk ‎mengetahui patogenitas nematoda entomopatogen yang berasal dari lahan kopi ‎terhadap Crocidolomia pavonana. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium ‎Integrasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancangan ‎acak lengkap (RAL) dengan 7 kelompok perlakuan konsentrasi dan 7 kelompok ‎waktu pengamatan. Nematoda entomopatogen diisolasi dari tanah kopi ‎menggunakan umpan tenebrio molitor. Identifikasi NEP didasarkan pada ‎perubahan warna kutikula T. molitor. Nematoda entomopatogen kemudian ‎diperbanyak dengan metode in vivo. Uji patogenitas nematoda entomopatogen ‎terhadap C. pavonana dilakukan dengan pemberian 7 perlakuan berbeda dengan 4 ‎kali ulangan, selanjutnya Mortalitas larva C. pavonana diamati dari 12 sampai 120 ‎jam setelah aplikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa warna kutikula T. ‎molitor berwarna coklat caramel, hal tersebut menandakan nematoda ‎entomopatogen hasil isolasi termasuk ke dalam Genus Steinernema. Hasil uji ‎patogenitas menunjukan Nilai Lc50 sebesar 66 IJ/ml dan nilai Lc90 sebesar ‎‎449IJ/ml, sedangkan nilai Lt50 sebesar 102 JSA dan Lt90 sebesar 247 JSA. Hal ‎tersebut membuktikan bahwa nematoda entomopatogen mempunyai kemampuan ‎dalam menyebabkan Mortalitas pada larva C. pavonana

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulida, Hawwa' Cahyahawwacahya@gmail.comH01217007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Hama, Pembasmian
Perkebunan
Pertanian
Keywords: Nematoda Entomopatogen; Steinernema spp; Crocidolomia pavonana; ‎Patogenitas.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Hawwa Cahya Maulida
Date Deposited: 04 Aug 2021 14:53
Last Modified: 04 Aug 2021 14:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49118

Actions (login required)

View Item View Item