Pengamatan perilaku burung rangkong dikawasan hutan Dusun Mendiro Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Annazih, Muhammad Rif'at (2021) Pengamatan perilaku burung rangkong dikawasan hutan Dusun Mendiro Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rif’at Annazih_H01217011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Burung rangkong adalah burung besar yang dilindungi di indonesia. Statusnya yang terancam kepunahan menjadikan pentingnya kajian dalam bidang konservasi tentang perilaku sehari-hari burung rangkong guna melestarikan populasinya dialam. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui jenis rangkong, frekuensi perilaku burung rangkong dan perbedaan keaktifan burung rangkong pada pagi dan sore hari yang ada di hutan dusun Mendiro kecamatan Wonosalam kabupaten Jombang dan meneliti perilaku burung rangkong. Pengamatan perilaku rangkong dilakukan di spot pantau burung hutan Mendiro, setiap perilaku yang teramati dicatat lalu dihitung dengan cara tabulasi dan dipatkan hasil berbentuk frekuensi perilaku burung rangkong. Pengambilan data dibagi menjadi 2 waktu yakni pagi dan sore hari dengan menggunakan metode pengamatan ad libitum sampling dan one zero sampling. Selama pengamatan berlangsung hanya satu jenis burung rang rangkong yang terlihat yakni (Aceros undulatus.) atau julang emas. Aktivitas burung yang teramati adalah terbang, bertengger, berpindah tempat, makan, merawat diri, vokalisasi. Frekuensi perilaku burung rangkong yang didapatkan Pada pagi hari didapatkan frekuensi aktifitas perilaku julang emas yaitu makan 26%, terbang 22%, bertengger 19%, merawat diri 16%, pindah tempat 12% dan vokalisasi 5% sedangkan frekuensi aktivitas perilaku julang emas disore hari didapatkan hasil bertengger 29%, terbang 23%, makan 18%, merawat diri 19% pindah tempat 16% dan vokalisasi 5%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Annazih, Muhammad Rif'atrifatmuhammad111@gmail.comH01217011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Keywords: Aceros undulatus; Perilaku; Frekuensi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Muhammad rif'at annazih
Date Deposited: 04 Aug 2021 23:12
Last Modified: 04 Aug 2021 23:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49123

Actions (login required)

View Item View Item