Perancangan Pesantren Anak Marginal di Kota Surabaya dengan Pendekatan Architecture Of Humanism

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Barirotin, Chadhiq (2021) Perancangan Pesantren Anak Marginal di Kota Surabaya dengan Pendekatan Architecture Of Humanism. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chadhiq Barirotin_H73217053.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menurut Badan Statistik Sosial, kenaikan jumlah anak terlantar di Kota Surabaya telah mencapai 5380 anak dari tahun 2018 hingga tahun 2019. Hal tersebut berpotensi menambah jumlah anak marginal seperti anak jalanan, anak berasal dari keluarga miskin, anak yatim piatu, dan lain sebagainya. Kesejahteraan anak tersebut, merupakan bagian penting dari upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas serta harapan masa depan bangsa Indonesia. Dan upaya tersebut, dapat terwujud apabila semua pihak dapat menghormati dan memperlakukan anak sesuai dengan hak-haknya. Sedangkan, dalam penanganannya, LSM di Kota Surabaya dinilai masih rendah dalam segi kualitas maupun kuantitas. Melihat persoalan tersebut, Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag) sejak tahun 2010 menyelenggarakan program Pendidikan Terpadu Anak Harapan (Dikterapan) melalui lembaga pendidikan keagamaan berasrama, yaitu pesantren. Melalui pendekatan arsitektur humanis yang dipilih, didasarkan pada karakter dan kebutuhan anak marginal, maka perancangan ini diharapkan dapat memberi manfaat berkenaan dengan peningkatan angka Angka Partisipasi Sekolah (APK) dan Angka Partisipasi murni (APm) program wajib belajar sembilan tahun, mengurangi kemiskinan, persoalan kasus hukum, menekan jumlah pekerja anak di bawah umur, menghindarkan anak dari pelecehan seksual dan tindak kekerasan, menjamin masa depan anak marginal supaya lebih baik, memandirikan anak terlantar dan anak jalanan untuk hidup normal di masyarakat dengan kemampuan bekerja dan berusaha, serta mengubah status anak jalanan sesuai dengan tujuan Pendidikan Terpadu Anak Harapan (Dikterapan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Barirotin, Chadhiqchadhiqba@gmail.comH73217053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorRahman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Arsitektur
Anak Jalanan
Pendidikan > Pesantren
Keywords: Anak Marginal; Surabaya; Pesantren; Dikterapan; Arsitektur Humanis.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Chadhiq Barirotin
Date Deposited: 04 Aug 2021 13:47
Last Modified: 04 Aug 2021 13:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49125

Actions (login required)

View Item View Item